30 November 2023

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Ada Malware Baru yang Bisa Bobol OS X Mac

1 min read
Mac sekarang udah ga aman lagi!

Perusahaan software dan keamanan jaringan Bitdefender baru saja menemukan malware yang mengetahui celah baru untuk masuk ke dalam sistem operasi OS X di Mac lewat ‘jalan belakang’.

Sistem Mac telah berhasil ditembus oleh jenis malware baru yang memungkinkan penyerang memiliki kuasa penuh untuk mengendalikan sistem operasi OS X.

Jenis malware yang diberikan nama Backdoor.MAC.Eleanor oleh para peneliti sistem keamanan ini memberikan akses ‘jalan belakang’ kepada para penyerang ke sistem OS X dengan membenamkan script ke dalam aplikasi konverter file palsu.

“Tipe malware baru ini sangat berbahaya karena sulit untuk terdeteksi dan memberikan akses serta kuasa penuh atas sistem Mac yang diserang,” ucap Tiberius Axinte, Technical Leader di Bitdefender Antimalware Lab, seperti detikINET kutip Cult of Mac, Sabtu (9/7/2016).

Peneliti dari Bitfedender menemukan malware ini pada aplikasi EasyDoc Converter yang terlihat memiliki fungsi sebagai konverter drag-and-drop file namun sebetulnya memiliki fungsi asli sebagai pengunduh script berbahaya ke dalam sistem mesin.

Backdoor.MAC.Eleanor ini kemudian menciptakan alamat Tor yang unik pada sistem mesin yang telah terinfeksi. Selain memberikan kemampuan bagi penyerang untuk menguasai sistem secara keseluruhan, malware ini memungkinkan penyerang untuk mengambil foto dan video dengan menggunakan web-camera.

Karena aplikasi ini belum didaftarkan oleh Apple, para peneliti keamanan menyarankan pengguna sistem operasi Mac untuk secara rutin mengganti pengaturan sistem keamanan Mac untuk hanya mengizinkan aplikasi yang didapat dari Apps Store resmi Mac dan pengembang aplikasi resmi lainnya.

SUMBER: DETIK.COM

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini