Teknovue, Jakarta – Pada tahun 2016 yang lalu, XL pernah mengumumkan bahwa mereka telah menerapkan LTE Advanced dengan teknologi 4T4R. Ternyata pada tahun lalu tersebut, teknologi yang digunakan masih berbasis 64 QAM(Quadrature Amplitude Modulation). Pada teknologi yang baru dengan teknologi 256 QAM akan meningkatkan kecepatan akses sekitar 30% dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Peningkatan jaringan ini dilakukan oleh XL karena ingin melakukan efisiensi jaringan sehingga pada suatu area bisa melayani lebih banyak pelanggan. Selain itu, pengalaman transfer data pun akan menjadi lebih baik. Secara teoritis, teknologi terbaru ini dapat melakukan download data sampai dengan 370 Mbps dan melakukan upload data sampai 20 Mbps.

Teknologi baru ini memang belum bisa dirasakan oleh semua smartphone yang ada. Bagi smartphone lama yang belum mendukung teknologi tersebut, yang paling akan terasa adalah saat mereka hanya mendapatkan sinyal 1 bar pada LTE. Kecepatan transfer data akan meningkat sekitar 65% serta jangkauan akan lebih baik di dalam sebuah bangunan.

Pihak Qualcomm sendiri mengatakan bahwa teknologi 256 QAM baru bisa dirasakan pada SoC terbaru mereka, Snapdragon 820 dengan modem Snapdragon X12 LTE. Sedangkan untuk 4×4 MIMO atau 4 Transfer 4 Receive akan tergantung setiap vendor yang melakukan implementasi antena mereka. Oleh karenanya, beberapa smartphone seperti Samsung Galaxy S7, Xiaomi Mi5s, ASUS Zenfone 3 Deluxe sudah bisa menikmati teknologi tersebut.

Untuk tahap saat ini, XL sudah memiliki cakupan 4.5 G pada area Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, dan Semarang. XL pun berjanji ke depannya cakupan area ini akan diperluas lagi.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini