Kinerja dan Baterai

Untuk mengukur kinerja smartphone ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL, TeknoVue menggunakan beberapa aplikasi benchmarking yang sudah ada pada Google Play. Mudah dan gratis, Anda pun juga bisa melakukan benchmarking sendiri untuk mengukur seberapa baik kinerja smartphone yang dimiliki.

Smartphone ini memiliki kinerja yang cukup baik. Walaupun clock speed dari smartphone ini per core-nya adalah 1,4 GHz untuk empat core big dan terdiri dari 8 inti prosesor dengan arsitektur big.LITTLE, tentu saja membatasi kinerja perangkat ini untuk dapat berlari lebih kencang lagi. TeknoVue pun dapat bermain beberapa game dengan lancar tanpa kendala. Untuk pembanding, TeknoVue menghadirkan Zenfone Max ZC550KL.

Jika dilihat dari benchmark yang ada di atas, Zenfone 3 Max memang jauh lebih unggul pada hampir semua sisi. Dapat dilihat perbedaan yang sangat terlihat pada sisi CPU, GPU, serta RAM. Hal ini membuat Zenfone 3 Max lebih baik untuk dipakai sebagai mesin bermain dibandingkan dengan sang pendahulunya. Adreno seri 500 sendiri digadang memiliki kompatibilitas dengan API Vulkan yang disinyalir dapat meningkatkan kinerja gaming lebih baik dari API yang ada saat ini, sehingga memang Zenfone 3 Max ZC553KL lebih baik untuk bermain dan melakukan editing video serta gambar.

Lalu bagaimana dengan kinerja baterainya? TeknoVue sendiri sudah melakukan pengujian dengan menggunakan aplikasi BatteryXPRT. Mengapa BatteryXPRT? Karena aplikasi yang satu ini dapat menguji baterai smartphone mirip dengan penggunaan sehari-hari. TeknoVue tidak melakukan pengujian saat smartphone berada dalam kondisi menyala tanpa henti atau yang sering disebut dengan Screen On Time.

BatteryXPRT sendiri mengatakan bahwa smartphone ini dapat bertahan sampai dengan 22,6 jam. Walaupun hal ini berarti Zenfone 3 Max ZC553KL dapat digunakan lebih dari sehari, pencapaiannya tidak sebaik sang pendahulu, ZC550KL yang mampu meraih 41,6 jam. Walaupun begitu, memang feature serta kinerja yang dimiliki oleh Zenfone 3 Max ZC553KL harus berujung pada daya baterai yang lebih boros dari ZC550KL.

Sebuah catatan lagi bahwa Zenfone 3 Max ZC553KL sudah memiliki waktu pengisian baterai yang lebih cepat dari ZC550KL. Hal tersebut dikarenakan pada paket penjualannya, ZC553KL sudah mendapatkan charger dengan output 2 Ampere dibandingkan ZC550KL yang 1 Ampere. Walaupun begitu, sangat disayangkan ASUS Zenfone 3 Max tidak mendukung Quick Charge 3.0 yang didukung oleh Snapdragon 430 itu sendiri.

<< HALAMAN SEBELUMNYA   HALAMAN SELANJUTNYA>>

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini