TeknoVue, Jakarta РSaat ini, dalam membeli sebuah powerbank biasanya para konsumen akan melihat harga dari perangkat pengisi baterai tersebut. Jika powerbank itu memiliki harga yang tinggi, biasanya, orang akan percaya bahwa kapasitas yang diberikan sama dengan apa yang tercantum pada kotak penjualan atau di badan powerbank tersebut. Apakah benar seperti itu? Jawabnya adalah TIDAK!

Sebuah powerbank yang memiliki harga Rp. 499.000 dengan kapasitas 15.000 mAh belum tentu dapat melakukan charging baterai lebih dari dua smartphone. Padahal, rata-rata smartphone saat ini memiliki kapasitas 3.000-4.000 mAh. Secara perhitungan kasar, seharusnya sebuah powerbank dengan kapasitas asli 10.000 mAh mampu mengisi penuh dua smartphone dengan kapasitas tersebut.

Powerbank ini menjanjikan 13.000 mAh, ternyata berisikan baterai dengan label 8.000 mAh

Lalu bagaimana cara untuk menguji bahwa sebuah powerbank itu memiliki kapasitas asli? Pemilik merek Delcell, Denny, berpendapat ada beberapa cara untuk mengetahui bahwa sebuah powerbank itu memiliki kapasitas yang sama dengan apa yang dijanjikan.

Memberikan Garansi

Sebuah powerbank yang dijual hendaknya memiliki sebuah garansi, baik itu garansi kapasitas maupun garansi kerusakan. Dengan kemampuan untuk memberikan garansi kepastian bahwa sebuah powerbank memiliki kapasitas asli sama dengan yang dijanjikan, akan membuat para konsumen merasa yakin.

Powerbank ini cukup jujur, karena kapasitas yang diberikan kurang lebih sama dengan yang dijanjikan

Lalu bagaimana jika sebuah powerbank merusak smartphone saat melakukan charging? Setidaknya informasi inilah yang banyak beredar di kalangan masyarakat umum. Sebuah produsen powerbank tentu harus melakukan perbaikan terhadap smartphone yang rusak tersebut, dalam jangka waktu garansi yang diberikan.

Lalu apa yang terjadi saat produsen memberikan garansi, tetapi masih berbohong?

Bongkar!

Cara yang paling kasat mata untuk melakukan pembuktian bahwa sebuah powerbank itu memiliki kapasitas yang sama dengan yang dijanjikan adalah dengan melakukan pembongkaran powerbank. Caranya? Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara untuk melakukan pembongkaran terhadap powerbank. Akan tetapi, caranya memang mudah untuk dipelajari. Dengan melihat beberapa video di youtube pun, orang awam sekalipun bisa melakukan pembongkaran terhadap powerbank.

Powerbank dengan janji kapasitas 128.000 mAh yang ternyata tidak lebih dari 1500 mAh

Dari pertemuan yang dilakukan TeknoVue dengan Denny pada tanggal 9 Maret 2017 di Senayan City, menunjukkan beberapa hal yang sangat mengejutkan. Tiga buah powerbank dari produsen berbeda serta kapasitas berbeda pun dibongkar. Dua powerbank dikisar memiliki harga di atas tiga ratus ribu rupiah dan satu lagi adalah powerbank palsu yang memiliki kapasitas super, 128.000 mAh.

Powerbank yang menjanjikan kapasitas 13.000 mAh ternyata saat dibongkar memiliki baterai dengan cap kapasitas hanya 8000 mAh saja. Dilain pihak, sebuah powerbank dengan kapasitas 7900 mAh memiliki kapasitas yang dikisar sama dengan yang dijanjikan, kemungkinan sedikit lebih rendah. Powerbank dengan kapasitas 128.000 mAh ternyata memiliki kapasitas yang tidak melebihi 1500 mAh!

Seperti yang sudah dikatakan, ternyata membongkar itu bukanlah hobi semua orang. Lalu apalagi yang bisa dilakukan?

Halaman Selanjutnya >>

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini