TeknoVue, Jakarta – Saat ini, sebuah aplikasi messaging yang sedang naik daun adalah Telegram. Aplikasi messaging yang memiliki bentuk yang kurang lebih mirip dengan Whatsapp ini digadang memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi tukar pesan lainnya. Dan saat ini, Telegram memiliki setidaknya 100 juta pengguna yang melayangkan pesan.

Belum lama ini, Telegram meluncurkan sebuah feature baru, yaitu Telegram Call. Feature yang mengandalkan koneksi internet untuk melakukan percakapan suara ini memang baru saja diluncurkan untuk area Eropa. Akan tetapi, TeknoVue sudah bisa melakukan percobaan pada feature yang satu ini.

Telegram mengandalkan end-to-end encryption pada feature terbarunya ini, sehingga sebuah telepon akan lebih sulit diretas oleh pihak ketiga. Yang membuatnya unik adalah sistem enkripsi yang digunakan Telegram menggunakan empat buah emoji. Jika masih ragu, cocokkan saja ke empat emoji yang ada dilayar. Jika sama, maka percakapan akan lebih aman.

Telegram juga mengklaim bahwa feature yang satu ini akan lebih cepat, karena memiliki intelejensi buatan yang mampu mendeteksi jaringan. Saat jaringan kencang, AI akan melancarkan koneksi peer-to-peer. Saat lambat, Telegram akan menghubungkan dengan server terdekat dari lokasi percakapan sehingga koneksi paling cepat bisa dilakukan. Untuk mereka yang menggunakan internet berbasis kuota, Telegram juga punya feature USE LESS DATA yang membuat kompresi suara lebih kecil lagi sehingga penggunaan data bisa dicekik.

Yang lebih unik lagi, pengguna bisa menentukan siapa yang boleh melakukan panggilan. Dan saat tidak ingin ditelepon oleh semua orang, pengguna bisa mematikan feature yang satu ini. Ayo, mari kita coba Telegram Call yang saat ini masih memiliki delay kecil. Untuk mendapatkan feautre yang satu ini, pengguna harus terlebih dahulu ditelepon via Telegram oleh mereka yang sudah memiliki feature tersebut. Sistem undangan ini mirip dengan Whatsapp beberapa waktu yang lalu. Oleh karena itu, bersabarlah.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini