Desain

Pada saat smartphone ini dibuka, pada bagian depannya mungkin Lenovo K6 Note terlihat seperti smartphone Android biasa. Akan tetapi dari bagian belakangnya, smartphone ini terlihat lebih elegan. Dengan perpaduan warna abu-abu, smartphone ini tidak terlihat seperti perangkat dengan harga dua jutaan. Perangkat ini juga menggunakan bahan metal pada bagian belakangnya, yang juga menyebabkan smartphone ini cukup licin di tangan. Kami cukup menyarankan pembelian rubber backcase agar smartphone ini tidak mudah jatuh dari tangan pengguna.

Pada bagian atas ditemukan port audio 3,5 mm dan secondary microphone

Pada bagian depannya, smartphone ini memiliki layar dengan dimensi 5,5 inci. Sayangnya, smartphone ini tidak dilengkapi dengan proteksi layar seperti Gorilla Glass. Hal ini tentu cukup melengkapi case belakangnya yang licin sehingga penggunaan tempered glass juga sangat disarankan untuk Lenovo K Note. Oleh karena tangan kami yang cukup besar, smartphone ini menjadi lebih ergonomis saat digunakan dengan dimensi yang ada. Lenovo juga telah memberikan kecerahan layar sampai 521 nits yang membuat K6 Note bisa dengan nyaman dilihat pada saat dibawah sinar matahari serta contrast ratio 1:1360.

Pada bagian bawah ditemukan speaker, microphone, dan slot microUSB

Pada bagian belakangnya akan ditemukan sebuah kamera dengan flash di bawahnya. Kamera yang ada sedikit menonjol sehingga pengguna harus berhati-hati saat menaruh smartphone ini di meja, agar tidak membuat goresan pada kacanya. Di bawah flash ditemukan sensor sidik jadi dengan bentuk bundar. Pada smartphone ini juga telah memiliki dua antenna pada bagian atas dan bawahnya untuk menambah kekuatan sinyal pada smartphone ini.

Pada bagian kanannya dapat ditemukan tombol volume dan power

Antar muka yang digunakan pada smartphone Lenovo K6 Note merupakan buatan dapur Lenovo sendiri. Dengan nama Vibe Pure UI, perangkat ini tidak memiliki App Drawer seperti standar dari UI Android pada umumnya. Jadi, pada homescreen akan tergabung antara icon aplikasi dengan widget. Sistem operasi yang digunakan masih Android Nougat 7.0. Pada UI yang baru ini, Lenovo memiliki feature yang saat ini cukup terkenal seperti dual app, app lock, dan fingerprint snap untuk mengambil gambar pada kamera.

Pada smartphone ini juga telah terdapat fasilitas Dolby Atmos yang dapat secara signifikan meningkatkan suara yang keluar dari earphone/headphone. Untuk menonton video dalam mode VR, pilihan ini dapat ditemukan saat pengguna menekan dan menahan tombol power. Pilihan ini dapat dilihat pada bagian bawah setelah pilihan shutdown dan restart.

Jaringan

Smartphone Lenovo K6 Note memiliki kelengkapan yang sangat apik, terutama dalam jaringan 4G LTE. Smartphone ini telah mendukung jaringan LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 38(2600), 40(2300), dan 41(2500). Smartphone ini dengan mudah dapat mendeteksi operator Smartfren dengan baik. VoLTE pada smartphone ini sudah dapat digunakan dengan sangat baik sehingga menggunakan jaringan operator yang mendukung feature ini dapat dikunci pada 4G Only untuk menghemat baterai. Dengan menggunakan LTE Cat 4, smartphone ini mendukung transfer data hingga 150 MB/s, yang memang sampai saat ini akan sangat jarang ditemukan di Indonesia, kecuali pada kantor-kantor operator.

Kamera

Sebagai salah satu feature yang sangat digemari oleh para pengguna di Indonesia, Lenovo sepertinya tidak mau lagi setengah-setengah dalam menentukan sensor yang digunakan pada K6 Note. Pada saat sneek peak yang lalu, pihak Lenovo Indonesia pun sudah mengatakan bahwa smartphone K6 Note sudah menggunakan sensor buatan Sony. Sayangnya, sensor seri mana yang digunakan tidak dijelaskan oleh Lenovo.

Hasil kamera belakangnya memang tidak terlalu istimewa. Masih terlihat noise pada gambar yang dihasilkan dari kamera ini, terutama pada saat kondisi cahaya kurang mendukung. Akan tetapi, dengan hasil yang ada membuat Lenovo K6 Note dapat diandalkan saat ingin mengambil momen yang ada disekitar kita. Apalagi, detail yang ditangkap oleh kameranya juga patut diapresiasi karena memang cukup baik dibandingkan smartphone sekelasnya.

Berikut ini adalah hasil gambar dari kamera utama Lenovo K6 Note

Lenovo_K6_Note_-_Hasil_Kamera_Utama_1Lenovo_K6_Note_-_Hasil_Kamera_Utama_2Lenovo_K6_Note_-_Hasil_Kamera_Utama_3Lenovo_K6_Note_-_Hasil_Kamera_Utama_4Lenovo_K6_Note_-_Hasil_Kamera_Utama_5

Hasil kamera depannya ternyata tidak dapat menangkap detail dan ketajaman yang dimiliki oleh kamera belakangnya. Akibat algoritma untuk menurunkan noise, hasil kameranya menjadi seperti lukisan pada saat cahayanya tidak mendukung. Hal ini sedikit lebih baik pada saat cahaya yang ada mendukung.

Berikut ini adalah contoh dari kamera depan Lenovo K6 Note

Lenovo_K6_Note_-_Hasil_Kamera_Depan_1Lenovo_K6_Note_-_Hasil_Kamera_Depan_2Lenovo_K6_Note_-_Hasil_Kamera_Depan_3Lenovo_K6_Note_-_Hasil_Kamera_Depan_4Lenovo_K6_Note_-_Hasil_Kamera_Depan_5

 

HALAMAN:

1. Pembukaan

2. Desain, Jaringan, Kamera

3. Benchmark dan Baterai

4. Kesimpulan

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini