TeknoVue, Jakarta РSampai saat ini, dalam melakukan transfer data dari satu smartphone ke smartphone lainnya, pengguna masih sering menggunakan Bluetooth sebagai interkoneksi antar dua perangkat. Memang, Bluetooth selalu tersedia di setiap smartphone yang diproduksi hingga saat ini. Bahkan, Bluetooth saat ini sudah ditemukan pada notebook-notebook yang beredar saat ini. Sayangnya, Bluetooth masih memiliki satu kelemahan yang cukup mengganggu: Pelan.

Dalam hal bertukar data, saat ini Bluetooth sudah memiliki pesaing. Pesaingnya ternyata teknologi yang sudah digunakan dari beberapa tahun yang lalu, yaitu Wi-Fi. Dengan menggunakan teknologi Wi-Fi ini, transfer data dimungkinkan untuk jadi lebih cepat lagi. Akan tetapi, dalam melakukan transfer data melalui Wi-Fi, harus ada aplikasi yang pas untuk melakukan pertukaran dokumen tersebut. Dengan latar belakang tersebut, aplikasi pertukaran data SHAREit hadir melengkapi perangkat yang ada saat ini, seperti perangkat Android, iOS, dan Windows.

Teknologi Wi-Fi yang digunakan pada aplikasi SHAREit bernama Wi-Fi Direct. Wi-Fi Direct sendiri tidak memerlukan jaringan dari router atau internet sekali pun. Dengan Wi-Fi Direct, kecepatan transfer file dari sebuah perangkat mobile seperti smartphone ke perangkat lainnya memang jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan Bluetooth. Bahkan, kecepatan yang didapat bisa mencapai 200 kali dibandingkan Bluetooth. Mekanisme transfer seperti inilah yang seharusnya dapat melancarakan bisnis Anda, terutama saat dibutuhkan pertukaran dokumen secara cepat.

Bagi yang khawatir dengan kuota internet, tenang saja. Wi-Fi Direct tidak memakan kuota internet harian Anda sehingga tidak akan ada pemakaian pulsa saat melakukan pengiriman dokumen. Bahkan pada SHAREit, aplikasi ini meminta para penggunanya untuk mematikan jalur mobile internet dari operator agar pengiriman dapat berjalan lancar. Jadi dalam transfer dokumen antar perangkat, tidak akan ada biaya yang akan dikeluarkan oleh pengguna.

Perangkat yang dapat memanfaatkan SHAREit tidak hanya perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS saja. PC Windows yang memiliki koneksi Wi-Fi, yang kebanyakan adalah notebook, juga bisa menggunakan SHAREit. Untuk melakukan transmisi, semua perangkat harus terhubung ke satu jaringan Wi-Fi yang sama terlebih dahulu. Penggunaan pada sistem operasi Windows memerlukan software yang dapat langsung di-download pada ushareit.com.

Lalu data apa saja yang bisa ditransfer melalui SHAREit? Tidak ada batasan jenis file yang bisa dikirim melalui aplikasi ini. Bahkan pada aplikasi SHAREit, sang developer sudah mengelompokkan berbagai jenis file dalam beberapa kategori, seperti Files (untuk file apa pun), Video, Aplikasi (bisa mengirimkan aplikasi yang sudah terinstal pada Android), Foto, dan Musik. Ukuran file-nya pun tidak ditentukan. Jadi, melakukan transfer sebuah file Video yang biasanya dapat memakan kapasitas 800 MB sampai 4 GB dapat dikirim dengan cepat. Waktu yang didapat akan sama dengan melakukan transfer beberapa foto via Bluetooth.

Dengan meningkatnya kecepatan transfer data antar perangkat tentu saja membuat SHAREit menjadi solusi pintar untuk menghemat waktu serta baterai setiap perangkat. Dengan transfer data instan, pengguna tidak perlu menunggu lama lagi hanya untuk melakukan perpindahan data yag besar. Aplikasi ini bisa langsung di-download pada Google Play dan Apple App store. Jumlah data yang ditransfer melalui SHAREit pun sudah mencapai lebih dari 700 juta setiap harinya. Jadi, beralihlah dari Bluetooth ke SHAREit.

 

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini