Desain

Dengan mendapatkan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro berwarna merah, tentu saja membuat smartphone ini terlihat begitu elegan dan cantik. Walaupun begitu, sepertinya unttuk penggemar smartphone bezelless harus menunggu ASUS mengeluarkan desain barunya. Dengan badan metal, ternyata tidak membuat Zenfone 4 Selfie Pro menjadi licin. ASUS juga sudah membundling back case pada paket penjualannya sehingga dapat melindungi cat metal pada bagian belakangnya.

Pada bagian kiri ditemukan slot micro SIM hybrid

Smartphone ASUS Zenfone 4 Selfie Pro memiliki layar AMOLED 5,5 inci pada bagian depannya. ASUS menggunakan 2.5D Gorilla Glass sebagai pelindung kaca smartphone ini agar lebih tahan terhadap goresan. Sisi buruk dari 2,5D adalah pengguna akan kesulitan dalam menemukan lapisan tempered glass yang tepat karena tidak menempel pada ujung-ujungnya. Layarnya memiliki tingkat kecerahan 500 nits dan color gamut NTSC lebih dari 100%.

Pada bagian kanan ditemukan tombol volume dan tombol power

Untuk bagian bawahnya terdapat pemindai sidik jari yang dapat mendeteksi jari jemari dengan cukup cepat serta untuk menerima panggilan masuk. Cukup unik karena ASUS baru kali ini menempatkan sensor tersebut pada bagian depan. ASUS juga masih menaruh tombol back pada sebelah kiri dan recent app di sebelah kanan, kebalikan dari kebanyakan smartphone yang beredar saat ini.

Pada bagian bawah dapat ditemukan port audio 3,5 mm, microphone, port microUSB, dan speaker

Pada bagian belakangnya di sebelah kiri akan ditemukan dua buah kamera dengan flash di kirinya. Kamera yang ada sedikit menonjol sehingga pengguna harus berhati-hati saat menaruh smartphone ini di meja, agar tidak membuat goresan pada kacanya. Pada smartphone ini juga telah memiliki dua antenna pada bagian atas dan bawahnya untuk menambah kekuatan sinyal pada smartphone ini. Satu hal yang disayangkan adalah tidak ditemukannya NFC pada smartphone ini.

Antar muka yang digunakan pada smartphone ASUS Zenfone 4 Selfie Pro merupakan buatan dapur ASUS sendiri. Dengan nama ZenUI 4.0, perangkat masih menganut standar launcher dari UI Android pada umumnya. Jadi, terdapat homescreen dan juga app drawer. Pada versi terbarunya ini sudah terdapat feature Twin Apps yang bisa menjalankan satu aplikasi dengan dua profile. Sistem operasi yang digunakan sudah Android Nougat 7.1.1. Upgrade ke Oreo pun patut ditunggu oleh para pengguna smartphone ini karena ASUS selalu melakukan update untuk jajaran smartphone-nya.

Jaringan

Smartphone ASUS Zenfone 4 Selfie Pro memiliki kelengkapan yang sangat apik, terutama dalam jaringan 4G LTE. Smartphone ini telah mendukung jaringan LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800) dan 40(2300). Smartphone ini dengan mudah dapat mendeteksi operator Smartfren dan Bolt dengan baik. Dengan menggunakan LTE Cat 7, smartphone ini mendukung transfer data hingga 300 MB/s serta 2 Carrier Aggregation .

Kamera

Dengan menyandang nama Selfie, tentu saja kamera menjadi perhatian utama pada smartphone ini. ASUS pun juga menerima banyak masukan mengenai sensor dari produsen mana yang bakal dipakai pada smartphone terbarunya. Pada akhirnya, sensor buatan Sony pun dipakai pada Zenfone 4 Selfie Pro. Tidak tanggung-tanggung, kamera utama pada bagian depan dan belakang keduanya menggunakan sensor Sony IMX!

Pada kamera belakangnya, ASUS membenamkan sensor Sony IMX 351 dengan resolusi 16 megapiksel. Kameranya mampu mengambil gambar yang baik pada saat kondisi cahayanya cukup. Namun sayangnya, saat kondisi cahaya berkurang, saat itulah kualitas foto kamera belakangnya menurun. Kamera belakangnya juga memiliki kemampuan untuk mengambil gambar bokeh tanpa harus menggunakan dua kamera. Silahkan klik untuk memperbesar

ASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_UtamaASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Utama_2ASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Utama_3ASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Utama_4ASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Utama_5ASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Utama_6

Pada bagian depannya, terdapat dua kamera dengan dua sensor berbeda. Kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX 362 dengan aperture f/1.8 serta memiliki resolusi 12 megapiksel. Dengan menggunakan teknologi DuoPixel. DuoPixel sendiri merupakan sebuah teknologi yang mengadaptasi kemampuan sensor, seperti milik Sony, yang mampu melakukan Dual Pixel Phase Detect AutoFocus (PDAF) dengan menggunakan dua dioda foto per pixel. Biasanya, dioda foto tambahan ini hanya berfungsi untuk memberikan informasi mengenai cahaya saja, namun ASUS membuatnya dapat memberikan tambahan resolusi 12 megapiksel. Hal ini membuat teknologi DuoPixel menghasilkan gambar sebesar 24 megapiksel. Teknologi ini harus diaktifkan secara manual pada menu setting Pixel Master 4.0.

ASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Depan_TeleASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Depan_Tele_2ASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Depan_Tele_3ASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Depan_Tele_4

Kamera kedua yang berada didepan menggunakan sensor OmniVision 5670 dengan kemampuan 120 derajat wide angle. Kamera yang dapat digunakan untuk mengambil gambar WeFie ini memiliki sebuah kekurangan: pada saat kondisi gelap, hasilnya tidak akan prima. ASUS sendiri melalui aplikasi ASUS Camera (Pixel Master 4.0) menyarankan agar pengguna mengambil gambar dengan kamera utamanya.

ASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Depan_WideASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Depan_Wide_2ASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Depan_Wide_3ASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Depan_Wide_4

Untuk hasil 24 MP adalah seperti berikut

ASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Depan_24_MPASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Depan_24_MP_3ASUS_Zenfone_4_Selfie_Pro_-_Depan_24_MO
Kami sangat menyarankan penggunaan timer untuk melakukan selfie, mengingat banyak pengguna yang tangannya cukup bergetar saat melakukan pose selfie sambil menekan tombol kamera di layar. Hal tersebut agar hasil yang didapat tidak goyang.

1. Pembukaan

2. Desain, Jaringan, Kamera

3. Benchmark dan Baterai

4. Kesimpulan

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini