TeknoVue, Jakarta – Dua hari ini, lini masa dipenuhi dengan berita mengenai Whatsapp sudah dapat melakukan penghapusan pesan yang dikirim ke orang lain atau sebuah grup. Sayangnya, dua hari tersebut belum semua orang dapat merasakan feature yang sangat berguna ini. Per tanggal 31 Oktober 2017, Whatsapp dengan versi 2.17.402 untuk Android dan 2.17.71 untuk iOS sudah membuka feature ini untuk semua orang.

Lalu bukannya sebelumnya sudah dapat melakukan penghapusan pesan? Sebelumnya, penghapusan pesan hanya dilakukan di perangkat pengirim pesan saja. Oleh karena itu, saat ini terdapat tiga pilihan saat ingin melakukan penghapusan pesan: untuk pengguna saja, untuk semua orang, atau batal. Menu tersebut akan muncul setelah Anda memilih sebuah pesan dengan cara menekan pesan tersebut selama satu detik dan setelah itu menekan tombol tempat sampah yang berada di bagian atas Whatsapp. Pilihan penghapusan pesan untuk semua orang (for everyone) akan menghapus pesan Anda ke semua orang yang ada di grup.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dari melakukan penghapusan pesan untuk semua orang ini

  • Pesan yang terkirim tidak lebih dari 7 menit
  • Semua pengguna memakai Whatsapp versi baru
  • Jika penghapusan pesan gagal, orang yang melakukan penghapusan tidak akan menerima pesan apa pun
  • Jika sebuah pesan yang dihapus sebelumnya telah direply oleh seseorang, maka pesan tersebut sebagian kecil masih dapat dibaca pada pesan orang yang melakukan reply.

Jadi, saat ini sudah tidak ada alasan lagi bagi para pengguna melakukan kesalahan seperti salah mengirim pesan di grup lain atau teman yang lain. Seharusnya dengan feature ini, kata-kata “maaf, salah kamar” sudah tidak lagi akan ada. Yang ada hanyalah pesan “this message was deleted“.

Feature ini baru dapat digunakan pada Android, iOS, dan Desktop saja. Untuk Whatsapp for Windows, Blackberry, dan Web, feature ini masih belum dapat digunakan. Semoga saja developer Whatsapp dapat memberikan feature ini untuk semua orang di semua platform.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini