17 April 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Review Xiaomi Mi A1: Smartphone Android One dengan Dual Camera Terbaik

7 min read
Satu lagi smartphone dari Xiaomi yang memiliki harga murah, spesifikasi tinggi, serta kamera yang baik! Yuk lihat reviewnya disini...

TeknoVue, Jakarta – Siapa yang belum tahu inisiasi Android One dari Google? Dulu, Android One masih dikenal dengan smartphone murah hasil kerjasama dengan Google yang diikuti oleh tiga vendor di Indonesia: Mito, Nexian, dan Evercoss. Entah mengapa, sepertinya Android One kurang diminati pada saat itu. Kemungkinan besar karena spesifikasi yang dibawanya serta model yang dimilikinya terkesan “murah”.

Beberapa bulan kemudian, Infinix juga turut ikut dalam program Android One tersebut. Sayangnya, banyak laporan bahwa Android One generasi pertama dari Infinix selalu terlambat dalam melakukan update OS. Padahal, salah satu kelebihan dari Android One adalah update sistem operasi Android yang cepat selama 18 bulan.

Xiaomi juga merupakan salah satu produsen yang ikut dalam inisiasi Android One. Gaung yang telah didengar dari tahun 2016 lalu pun akhirnya diluncurkan pada bulan Oktober 2017. Xiaomi menamakan smartphone Android One pertamanya dengan Mi A1. Xiaomi Mi A1 sendiri adalah smartphone Mi5x yang sistem operasinya diubah dari MIUI ke Android standar.

Xiaomi Mi A1 sendiri menggunakan konfigurasi dua kamera pada bagian belakangnya. Hal ini menyebabkan Xiaomi harus merebus sendiri aplikasi kamera mereka karena Google belum memiliki smartphone dua kamera seperti Pixel 2 yang terbaru. Jadi, untuk Anda yang ingin mencicipi HDR+, tanpa root, buang jauh deh keinginan tersebut 🙂 . Hal ini membuat Xiaomi Mi A1 memiliki mode portrait yang dapat dengan cepat digunakan.

Xiaomi juga memperkenalkan sebuah amplifier berdaya 10V pada smartphone yang satu ini. Hal tersebut membuat Xiaomi Mi A1 memiliki kinerja audio yang sangat merdu di telinga. Hal ini tentu saja menjadi sebuah daya tarik sendiri bagi para penggemar musik.

Mi A1 memiliki spesifikasi sebagai berikut

SoC Qualcomm Snapdragon 625 MSM 8953
CPU 8x Cortex A53 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM/Storage Internal 4 GB / 64 GB
Layar Low Temp PolySilicone IPS 5,5” 1920×1080
Kamera utama / depan 12 MP OmniVision 12a10 + 12 MP OV 13880/ 5 MP Samsung S5K5e8
Baterai 3080 mAh Fast Charging
Sistem Operasi Android Nougat 7.1.2
Dimensi 155.4 x 75.8 x 7.3
Bobot 165 gram

Uniknya, spesifikasi yang sama sering digunakan oleh smartphone dengan harga premium. Untuk MiA1 sendiri dibanderol dengan harga Rp. 3.099.000 saja. Xiaomi sendiri mengatakan bahwa Mi A1 digolongkan ke dalam smartphone flagship, yang salah satunya karena menggunakan dual kamera yang biasanya ada pada perangkat-perangkat premium.

Untuk hasil CPU-Z adalah sebagai berikut

Sedangkan untuk paket penjualan smartphone ini

Xiaomi terkenal dengan paket penjualannya yang kokoh yang mampu menahan beban berat. Hal tersebut dimaksudkan agar saat melakukan pengapalan produk, smartphone yang ada didalam paket penjualannya tidak rusak. Kami pun melakukan pengujian pada paket penjualannya seperti ini

Di dalam paket penjualannya ditemukan perlengkapan seperti berikut ini

Charger
Kabel USB-C
Manual
SIM PIN

1. Pembukaan

2. Desain, Jaringan, Kamera

3. Benchmark dan Baterai

4. Kesimpulan

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini