Desain

Dengan menggunakan bahan aluminium, smartphone ini memang terlihat lebih elegan. Tentunya, dengan bahan tersebut membuat Huawei Nova 2i terasa licin saat dipegang. Untung saja, Huawei menyertakan back case plastik didalam paket penjualannya sehingga masalah tersebut dapat teratasi dengan baik. Dan setelah menggunakan back case-nya, smartphone ini masih cukup nyaman saat digenggam.

Pada sebelah kiri ditemukan slot SIM

Smartphone Huawei Nova 2i memiliki layar FullView IPS 5,9 inci pada bagian depannya dengan resolusi 2160×1080 dengan rasio 18:9. Hal ini membuat beberapa aplikasi harus diregangkan tampilannya agar terlihat penuh di layar, karena hampir semua aplikai mengunakan rasio 16:9. Huawei menggunakan 2.5D Gorilla Glass sebagai pelindung kaca smartphone ini agar lebih tahan terhadap goresan. Sisi buruk dari 2,5D adalah pengguna akan kesulitan dalam menemukan lapisan tempered glass yang tepat karena tidak menempel pada ujung-ujungnya. Pada sisi atas layar terdapat dua buah kamera.

Di sisi sebelah kanan ditemukan tombol power dan volume

Untuk bagian belakangnya terdapat pemindai sidik jari yang dapat mendeteksi jari jemari dengan cukup cepat serta untuk menerima panggilan masuk. Di atas pemindai sidik jari tersebut terdapat dua buah kamera yang tergabung dalam satu kaca. Sayang memang, tonjolan kamera yang ada mampu membuat kacanya tergores saat diletakkan di meja. Untungnya, ketebalan dari back case bawaan membuat kamera sama rata, sehingga meminimalisir terjadinya goresan.

Pada bagian bawah ditemukan slot audio 3,5mm dan port microUSB

Antar muka yang digunakan pada smartphone Nova 2i merupakan buatan dapur Huawei sendiri. Dengan nama EMUI 5.1, Huawei menghilangkan App Drawer sehingga semua icon dan widget tergabung pada homescreen. Pada EMUI 5.1 juga sudah terdapat feature App Twin yang mampu membuat sebuah aplikasi dipakai dengan dua akun berbeda dan berjalan bersamaan. Navigation key pada smartphone ini juga dapat diubah dan ditambahkan.

Jaringan

Smartphone Huawei Nova 2i memiliki kelengkapan yang sangat apik, terutama dalam jaringan 4G LTE. Smartphone ini telah mendukung jaringan LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 28(700), 38(2600), 40(2300), dan 41(2500). Smartphone ini dengan mudah dapat mendeteksi operator Smartfren dan Bolt dengan baik. Dengan menggunakan LTE Cat 6, smartphone ini mendukung transfer data hingga 300 MB/s.

Kamera

Dengan menggunakan empat kamera, tentu saja foto merupakan salah satu nilai penting dalam penjualan Nova 2i. Smartphone ini menggunakan empat buah kamera, dua di depan dan dua di belakang. Satu merupakan kamera utama dan yang satu lagi merupakan kamera 2MP yang berfungsi untuk mengambil data latar belakang. Jadi, pengguna bisa melakukan pengambilan gambar bokeh pada bagian depan dan belakang dengan cepat.

Pada bagian belakang, Huawei memasangkan Sony IMX 298 sebagai sensor utamanya dengan resolusi 16 megapiksel. Sayangnya, dengan menggunakan IMX 298, Huawei juga memiliki kekurangan pada bagian ketajaman dan noise yang sama dengan smartphone lain yang memakai sensor sama. Namun sepertinya hal tersebut berhasil diminimalisir oleh Huawei. Apalagi saat malam, kamera akan melakukan penajaman gambar secara otomatis, walaupun ketajamannya berkurang. Berikut adalah hasilnya. Untuk pengguna Facebook, silahkan klik disini.

Huawei_Nova_2i_-_Hasil_Kamera_UtamaHuawei_Nova_2i_-_Hasil_Kamera_Utama_2Huawei_Nova_2i_-_Hasil_Kamera_Utama_3Huawei_Nova_2i_-_Hasil_Kamera_Utama_4Huawei_Nova_2i_-_Hasil_Kamera_Utama_5
Huawei_Nova_2i_-_Hasil_Kamera_Utama_6

Kamera depan pada smartphone ini memiliki resolusi 13 MP. Sayangnya, kami tidak mendapatkan informasi mengenai sensor yang digunakan. Gambar yang dihasilkan oleh kamera depannya memang tidak sebaik kamera belakangnya, namun hasilnya cukup tajam untuk dipakai selfie maupun wefie. Saran kami, selalu perhatikan apakah mode portrait aktif atau tidak, karena hasilnya akan menjadi buruk saat mode tersebut tidak digunakan untuk melakukan swafoto. Di salah satu gambar dapat dilihat bahwa solusi dua kamera belum tentu cocok untuk mengambil gambar bokeh. Contoh hasilnya adalah sebagai berikut.

Huawei_Nova_2i_-_Hasil_Kamera_DepanHuawei_Nova_2i_-_Hasil_Kamera_Depan_2Huawei_Nova_2i_-_Hasil_Kamera_Depan_3Huawei_Nova_2i_-_Hasil_Kamera_Depan_4Huawei_Nova_2i_-_Hasil_Kamera_Depan_5Huawei_Nova_2i_-_Hasil_Kamera_Depan_6

1. Pembukaan

2. Desain, Jaringan, Kamera

3. Benchmark, Reverse Charging, dan Baterai

4. Kesimpulan

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini