26 February 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Review SSD WD Blue 3D NAND 1 TB: Ruang Besar Kinerja Tinggi Chip Baru

3 min read
Sebuah SSD dengan kapasitas besar dan kinerja tinggi datang dari produsen hard disk, Western Digital

TeknoVue – Dalam sebuah komputer, kebutuhan storage yang ada memang saat ini terbagi menjadi dua, kapasitas atau kecepatannya. Pada saat memilih kapasitas, hard disk biasanya selalu dipilih karena memiliki harga yang lebih ekonomis. Namun jika memilih kinerja, solid state drive selalu menjadi sebuah pilihan.

Dua tahun yang lalu, Western Digital telah merampungkan akuisisi SanDisk. SanDisk sendiri merupakan sebuah vendor yang selalu mengeluarkan produk berbasis flash memori, mulai dari microSD hingga SSD. Jadi, produk SSD dengan merek Western Digital hanya tinggal menunggu waktu saja. SSD Western Digital sendiri sudah hadir dua tahun lalu dan saat ini sudah tersedia di Indonesia. Salah satunya adalah Western Digital Blue SSD dengan kapasitas 1 TB.

SSD keluaran Western Digital memang memiliki kemiripan dengan SSD keluaran SanDisk. Tentunya, keduanya akan dibedakan dengan menggunakan firmware. Western Digital Blue 1 TB menggunakan chipset Marvell 88SS1074 yang juga digunakan oleh SanDisk. SSD dengan ketebalan 7 mm dan dimensi 2,5 inci ini menggunakan NAND buatan SanDisk dengan SanDisk 64-layer 3D TLC berteknologi  BiCS3.

TeknoVue pun kedatangan SSD terbaru dari Western Digital ini. Tidak tanggung-tanggung, WD pun mengirimkan sampel dengan kapasitas 1 TB. Dan seperti kebanyakan paket SSD, di dalam paket penjualannya hanya akan ditemukan SSD itu sendiri. WD pun juga menyediakan software bernama SSD Dashboard untuk memonitor SSD ini serta melakukan TRIM.

Halaman:

1. Pembukaan

2. Desain dan Pengujian

3. Kesimpulan

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini