Pengujian

SSD Western Digital Blue 3D NAND kami uji dengan menggunakan dua software benchmark serta satu pengujian simulasi nyata. Dua software benchmark tersebut adalah HDTune dan Crystal Disk Mark 5. Dua pengujian ini diambil karena memiliki metode pengujian yang berbeda. Pengujian berikutnya adalah dengan melakukan transfer data secara riil ke dalam hard disk eksternal untuk tes penulisan data serta melakukan penyalinan data ke media lain untuk pengujian pembacaan data. Besaran dari file tersebut adalah satu buah DVD+R Single Layer/ Sebagai pembanding, kami menghadirkan sebuah hard disk SSHD.

HDTune 5.5


HDTune memiliki algoritma tersendiri dalam melakukan pengujian transfer data. Algoritma yang dipakai sepertinya lebih kepada pengujian transfer data sequential atau terus menerus tanpa terputus. Hasilnya, SSD ini mampu berlari pada kecepatan baca tertinggi 552.5 MB/s. Hal ini juga kemungkinan dibatasi oleh kontroler SATA 3 yang digunakan.

Crystal Disk Mark 5

 

Algoritma yang digunakan oleh Crystal Disk Mark adalah sebuah generator file yang berasal dari Microsoft. Lebih tepatnya, tim Windows/Windows Server and Cloud Server Infrastructure Engineering lah yang menciptakan algoritma tersebut sehingga pengujian transfer data dari CDM akan lebih menggambarkan pada platform Windows. Hard disk ini memang sangat baik dalam melakukan transfer data untuk file-file besar.

Real World Test

Kami melakukan simulasi transfer data dengan fungsi copy pada Windows 10. Besaran file yang digunakan adalah sama dengan sebuah DVD single layer, yaitu sebesar 4,7 Gb atau 4,38 GB. Solid State Drive yang satu ini dapat melakukan transfer data dengan kencang.

Halaman:

1. Pembukaan

2. Desain dan Pengujian

3. Kesimpulan

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini