Desain

Satu hal yang pasti bahwa notch bukanlah digunakan pertama oleh iPhone X. ASUS Zenfone 5 sendiri memiliki notch atau poni yang lebih kecil dari smartphone buatan Apple. Layar pada Zenfone 5 sendiri memiliki resolusi 2246×1080 dengan dimensi layar 5,99″ inci dengan rasio 18,7:9. Hal ini membuat beberapa aplikasi harus diregangkan tampilannya agar terlihat penuh di layar, karena hampir semua aplikasi mengunakan rasio 16:9. Dengan menggunakan desain layar 2.5D, membuat smartphone ini cukup sulit untuk dipasangkan lapisan pelindung tempered glass. Bagi yang memiliki masalah dengan layar berponi, ASUS pun menyediakan opsi untuk menyamarkan notch tersebut.

ASUS Zenfone 5 - Bagian Bawah

Pada bagian bawah ditemukan slot audio 3.5mm, port USB-C, speaker, dan microphone

Berbeda dengan kebanyakan smartphone yang menggunakan bahan metal pada bagian belakangnya, ASUS memilih untuk mengikuti desain Zenfone 3, yaitu dengan berbahan kaca. Sayangnya, bahan kaca yang terlihat lebih elegan tentu saja rentan pecah saat jatuh serta menangkap banyak minyak bekas sidik jari. Kami pun menyarankan agar selalu menggunakan rubber case bawaan agar terhindar dari masalah tersebut.

ASUS Zenfone 5 - Bagian Kanan

Pada bagian kanan ditemukan tombol volume dan power

Untuk bagian belakangnya terdapat pemindai sidik jari yang dapat mendeteksi jari jemari dengan cukup cepat. Di bagian kiri atas terdapat dua buah kamera yang tergabung dalam satu kaca, dengan desain penempatan atas bawah. Sayang memang, tonjolan kamera yang ada mampu membuat kacanya tergores saat diletakkan di meja. Untungnya, ketebalan dari back case bawaan membuat kamera sama rata, sehingga meminimalisir terjadinya goresan.

ASUS Zenfone 5 - Bagian kiri

Pada bagian kiri ditemukan port SIM Hybrid

ASUS Zenfone 5 menggunakan antar muka buatan ASUS Sendiri dengan ZenUI 5. Hal ini tentu saja membuat Zenfone 5 memiliki begitu banyak feature seperti gesture, Twin App, OptiFlex untuk meningkatkan loading aplikasi, ZeniMoji untuk membuat wajah pengguna menjadi karakter lain, Game Genie, dan lain sebagainya. Sistem operasinya sendiri adalah Android Oreo 8.0, sehingga sama sekali tidak memiliki masalah dengan multitouch bug saat pertama kali diluncurkan. Smartphone ini juga direncanakan bakal mendapatkan upgrade Android P.

ASUS Zenfone 5 - Notch

Di bagian poninya terdapat speaker, kamera, dan sensor proximity

Jaringan

Smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1 memiliki kelengkapan yang sangat apik, terutama dalam jaringan 4G LTE. Smartphone ini telah mendukung jaringan LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), dan 40(2300). Smartphone ini dengan mudah dapat mendeteksi operator Smartfren dan Bolt dengan baik. Namun sayang, VoLTE belum didukung oleh smartphone ini. Dengan menggunakan LTE Cat 12, smartphone ini mendukung transfer data hingga 600 MB/s.

Kamera

Salah satu yang diunggulkan dalam penjualan smartphone Zenfone 5 adalah kameranya. Kamera juga bakal menjadi sebuah feature yang sangat diandalkan oleh para penggunanya karena momen yang terjadi setiap saat hanya dapat diabadikan melalui kamera smartphone. Smartphone yang satu ini berhasil meraih angka DXOMark 90, rata-rata sama dengan sebuah Google Pixel yang harganya masih tinggi.

ASUS Zenfone 5 menggunakan sensor baru dari Sony, yaitu IMX 363 yang merupakan turunan langsung dari IMX 362 yang juga dipakai di Zenfone 3 dan 4. Hasilnya, kamera belakang dari smartphone yang satu ini memang sangat baik, bahkan terbaik dari semua smartphone ASUS yang diluncurkan sampai saat ini. Kekurangan yang sangat terasa adalah pada saat kondisi cahaya yang gelap, membuat noise dan tingkat ketajamannya menurun. Hal ini tidak diikuti dengan kamera wide-angle sebelahnya yang kurang tajam saat mengambil gambar.

ASUS Zenfone 5 - Hasil Kamera Utama

ASUS Zenfone 5 - Hasil Kamera Utama 2

ASUS Zenfone 5 - Hasil Kamera Utama 4

ASUS Zenfone 5 - Hasil Kamera Utama 5

ASUS Zenfone 5 - Hasil Kamera Utama 3

Kamera depan tentu saja seringkali dipakai untuk mengambil gambar swafoto. Kinerja dari kamera depannya memang dapat dibilang biasa-biasa saja. Gambar yang dihasilkan cukup baik dengan noise yang cukup rendah. Namun, hasilnya memang tidak terlalu tajam, seperti sedikit hilangnya detail rambut, kumis, dan jenggot saat diambil gambar. Contoh gambar dari kamera depan adalah sebagai berikut

ASUS Zenfone 5 - Hasil Kamera Depan 4

ASUS Zenfone 5 - Hasil Kamera Depan 5

ASUS Zenfone 5 - Hasil Kamera Depan 2

ASUS Zenfone 5 - Hasil Kamera Depan

ASUS Zenfone 5 - Hasil Kamera Depan 3

1. Pembukaan

2. Desain, Jaringan, Kamera

3. Benchmark dan Baterai

4. Kesimpulan

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini