Pengujian

Spesifikasi yang digunakan oleh ASUS Zenfone 5 memakai SoC terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 636. SoC ini menggunakan prosesor Kryo 260 yang terdiri dari empat core custom Cortex A53 berkecepatan 1.6 GHz dan custom core Cortex A73 berkecepatan 1,8 GHz. Uniknya, Adreno 509 yang digunakan pada smartphone ini membuat para pemain Arena of Valor bisa menggunakan fungsi High Frame Rate Mode. Game Player Unknown BattleGround pun juga mendeteksi smartphone ini mampu berjalan pada setting Balanced. Setting HDR dapat diraih pada saat menggunakan aplikasi tambahan, namun tidak terjadi lag sama sekali saat bermain game.

Pada pengujian kali ini, TeknoVue akan membandingkan pada saat Zenfone 5 menggunakan AI Boost dan tidak menggunakan AI Boost. ASUS Zenfone Max Pro M1 pun kami hadirkan kembali agar dapat terlihat bagaimana kinerja antara ketiganya. Pada pengujian di bawah menunjukkan bahwa AI Boost meningkatkan clock CPU dan RAM. Dengan kata lain, ASUS melakukan overclocking pada Zenfone 5. Peningkatan pada CPU terlihat di hampir semua pengujian. Benchmark RAM sendiri cukup terlihat dengan menggunakan A1 SD Bench. Sedangkan, GPU sepertinya tidak ikut meningkat pada saat AI Boost dinyalakan. Sayangnya, peningkatan clock ini tidak terdeteksi oleh aplikasi yang ada.

3DMarks

ASUS Zenfone 5 - Benchmark 3D Mark Ice Storm

ASUS Zenfone 5 - Benchmark 3D Mark Slingshot

GeekBench 4

ASUS Zenfone 5 - Benchmark GeekBench

PCMark Android

ASUS Zenfone 5 - Benchmark PCMark

ASUS Zenfone 5 - Benchmark PCMark 2

MobileXPRT

ASUS Zenfone 5 - Benchmark Mobile XPRT

Antutu 7 

ASUS Zenfone 5 - Benchmark Antutu 7

ASUS Zenfone 5 - Benchmark Antutu 7 Detailed

A1 SD Bench

ASUS Zenfone 5 - Benchmark A1 Internal

ASUS Zenfone 5 - Benchmark A1 RAM

Baterai

Biasanya, pengujian dilakukan dengan menggunakan aplikasi BatteryXPRT. Sayangnya, Zenfone 5 sepertinya belum mendukung aplikasi yang satu ini karena setiap kali dijalankan, aplikasi tersebut akan crash. Oleh karena itu, pengujian terpaksa dilakukan dengan menggunakan sebuah video MP4 dengan resolusi 1080p yang diputar secara terus menerus.

Hasil yang didapatkan adalah Zenfone 5 mampu bertahan sampai dengan 9 jam 56 menit! Hal ini tentu saja bisa berubah saat smartphone digunakan untuk bermain game yang membutuhkan tenaga ekstra. Hasil ini didapatkan dengan menyalakan AI Boost yang diklaim akan menyedot baterai. Tentu saja, hasil ini kemungkinan besar dapat bertambah jika AI Boost dimatikan.

1. Pembukaan

2. Desain, Jaringan, Kamera

3. Benchmark dan Baterai

4. Kesimpulan

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini