Desain

Sama seperti kebanyakan smartphone ASUS, Zenfone Live L1 menggunakan casing dengan bahan aluminium. Akan tetapi, finishing belakangnya membuat smartphone ini tidak selicin kebanyakan perangkat dengan bahan yang sama yang ada di pasaran. Untuk lebih tidak licin lagi, back case bawaan pun bisa dipasang agar lebih nyaman digenggam serta melindungi dari benturan.

ASUS Zenfone Live L1 - Atas

Pada bagian atas ditemukan port Audio 3.5 mm

Smartphone ASUS Zenfone Live L1 memiliki layar FullView 5,5″ inci pada bagian depannya dengan resolusi 1440×720 dengan rasio 18:9. Hal ini membuat beberapa aplikasi harus diregangkan tampilannya agar terlihat penuh di layar, karena hampir semua aplikasi mengunakan rasio 16:9. Karena tidak menggunakan layar 2.5D membuat penggunaan tempered glass menjadi lebih mudah. ASUS pun mengklaim bahwa smartphone ini akan baik-baik saja saat dijatuhkan dari ketinggian lebih dari satu meter, namun sebaiknya pelindung layar sangat disarankan untuk digunakan.

ASUS Zenfone Live L1 - Kanan

Pada bagian kanan diteukan tombol volume dan power

Untuk bagian belakangnya, hanya dapat ditemukan satu buah kamera beserta satu buah flash. Sayang memang, tonjolan kamera yang ada mampu membuat kacanya tergores saat diletakkan di meja. Untungnya, ketebalan dari back case bawaan membuat kamera sama rata, sehingga meminimalisir terjadinya goresan.

ASUS Zenfone Live L1 - Kiri

Pada bagian kiri ditemukan slot SIM dan microSD

Pada smartphone yang satu ini, sistem operasi yang terpasang adalah Android Oreo 8.0. Antar mukanya menggunakan buatan ASUS sendiri dengan ZenUI 5. Keuntungan dari penggunaan ZenUI 5 adalah tersedianya banyak feature pada smartphone ini, mulai dari gesture, face unlock, hingga penghematan baterai. Kekurangannya adalah sistem yang ada memakan sekitar 6 GB ruang pada storage internal, sehingga ruang yang tersisa hanyalah 10 GB saja. Oleh karena itu, jika Anda memilih untuk memiliki versi 2/16, usahakan untuk membeli sebuah microSD. Zenfone Live L1 juga telah menggunakan ZRAM sebesar 618MB sehingga sistem akan lebih cepat.

ASUS Zenfone Live L1 - Bawah

DI bagian bawah ditemukan speaker, microphone, serta port microUSB

Jaringan

Smartphone ASUS Zenfone Live L1 memiliki kelengkapan yang sangat apik, terutama dalam jaringan 4G LTE. Smartphone ini telah mendukung jaringan LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), dan 40(2300). Smartphone ini akan dengan mudah dapat mendeteksi operator Smartfren dan Bolt dengan baik.

Kamera

Dengan menyandang nama Live, tentu saja kamera bukan menjadi poin yang terbaik. Akan tetapi, kamera juga bakal menjadi sebuah feature yang sangat diandalkan oleh para penggunanya karena momen yang terjadi setiap saat hanya dapat diabadikan melalui kamera smartphone. Dan sepertinya, sebuah kamera yang baik sudah menjadi suatu “keharusan” bagi setiap vendor, termasuk ASUS.

Pada saat pencahayaan yang diterima oleh kamera cukup, ternyata hasilnya cukup baik. Walaupun begitu, sepertinya algoritma untuk menghilangkan noise pada smartphone ini cukup agresif, sehingga detailnya menjadi tidak tajam. Smartphone ini juga kesulitan mengambil gambar yang cukup detail seperti ukiran. Walaupun begitu hasilnya sudah cukup untuk smartphone dengan harga kurang dari Rp. 1,5 juta. Berikut adalah contoh gambar dari kamera utama Zenfone Live L1.

ASUS Zenfone Live L1 - Hasil Foto Kamera Utama 1ASUS Zenfone Live L1 - Hasil Foto Kamera Utama 2ASUS Zenfone Live L1 - Hasil Foto Kamera Utama 3ASUS Zenfone Live L1 - Hasil Foto Kamera Utama 5ASUS Zenfone Live L1 - Hasil Foto Kamera Utama 4

Kamera depannya pun juga harus mendapatkan pencahayaan yang terang. Pada kondisi tersebut pun, detail yang ditangkap juga tidak tajam dan akan lebih parah pada saat kurang cahaya. Sepertinya smartphone ini kurang bisa diandalkan untuk melakukan selfie.

ASUS Zenfone Live L1 - Hasil Foto Kamera Depan 1ASUS Zenfone Live L1 - Hasil Foto Kamera Depan 2ASUS Zenfone Live L1 - Hasil Foto Kamera Depan 3ASUS Zenfone Live L1 - Hasil Foto Kamera Depan 5ASUS Zenfone Live L1 - Hasil Foto Kamera Depan 4

1. Pembukaan

2. Desain, Jaringan, Kamera

3. Benchmark dan Baterai

4. Kesimpulan

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini