26 February 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

REVIEW REDMI NOTE 3!

4 min read
Seperti apa kinerja dari Xiaomi Redmi Note 3?

Xiaomi dikenal sebagai vendor smartphone yang menawarkan smartphone dengan spesifikasi yang cukup tinggi dengan harga yang terjangkau. Salah satu lini smartphone dari Xiaomi adalah Redmi Note. Di akhir bulan Mei, vendor smartphone asal Tiongkok ini meluncurkan Redmi Note 3.

Inilah ulasan dari performa Redmi Note 3.

Desain

Salah satu hal yang dibanggakan oleh Xiaomi dari Redmi Note 3 adalah bodinya yang terbuat dari metal. Harus diakui, untuk smartphone dengan harga tidak lebih dari Rp3 juta, Redmi Note 3 memiliki bodi metal yang tampil elegan. Dengan layar 5,5 inci, ia cukup nyaman untuk digenggam, bahkan dengan satu tangan. Sayangnya, bodinya cukup licin. Selama dua minggu pemakaian, telah beberapa kali ia hampir terjatuh dari genggaman saya.

Tombol volume dan tombol Home dari smartphone ini terletak di sebelah kanan. Sementara di sebelah kiri, terdapat tray SIM card, yang bisa Anda buka dengan pembuka SIM card yang ada di kotak Note 3. Redmi Note 3 memiliki unibody, jadi Anda tidak bisa membuka bagian belakangnya.

Redmi Note 3 sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang, di bawah kamera utama. Karena letaknya di belakang, maka pemindai sidik jari ini lebih mudah untuk dijangkau dengan jari telunjuk atau jari tengah. Berbeda dengan sensor sidik jari yang ada di tombol Home yang lebih mudah untuk dicapai dengan jari jempol.

Speaker terletak di bagian belakang sementara port charger terletak di bagian bawah. Port audio terletak di bagian kiri atas.

Software dan Antarmuka

Untuk sistem operasi dan antarmuka, Xiaomi menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop yang dilapis dengan antarmuka buatannya, MIUI 7.3. Seperti biasa, salah satu hal yang diunggulkan Xiaomi dari MIUI adalah kemudahan untuk melakukan kustomisasi. Di Redmi Note 3, terdapat aplikasi Theme. Di sini, Anda dapat mengunduh berbagai tema dan wallpaper.

Pada Redmi Note 3, Anda tidak akan menemukan aplikasi drawer. Jadi, semua aplikasi yang telah Anda unduh bisa Anda akses secara langsung.

Salah satu aplikasi unik yang ada pada Redmi Note 3 adalah Mi Remote. Seperti namanya, aplikasi ini membuat smartphone Anda menjadi sebuah remote control untuk berbagai perangkat cerdas, mulai dari TV, kamera, AC hingga DVD Player.

Secara teori, dengan Mi Remote, smartphone Anda seharusnya bisa digunakan sebagai remote dari perangkat buatan berbagai merek lain. Namun, saat mencoba untuk menggunakan aplikasi ini, ia tidak bekerja dengan lancar.

Kamera dan Video

Untuk sebuah kamera smartphone, kamera dari Redmi Note 3 menghasilkan gambar yang cukup apik. Hanya saja, seperti kamera smartphone kebanyakan, gambar yang dihasilkan oleh kamera Redmi Note 3 sangat tergantung pada keberadaan cahaya.

Di tempat yang terang, gambar yang dihasilkan tajam. Namun, di tempat yang gelap, gambar yang dihasilkan akan terlihat grainy. Selain itu, saat gelap, waktu yang diperlukan bagi kamera Redmi Note 3 untuk fokus juga cukup lama, hal ini dapat membuat Anda kehilangan momen yang ingin Anda abadikan.

Sama seperti kamera pada smartphone buatan Xiaomi yang lain, dengan kamera Redmi Note 3, Anda dapat langsung menggunakan berbagai filter yang telah disediakan, seperti Japanese, Dawn, atau Sketch. Baik kamera depan maupun kamera belakang dilengkapi dengan fitur Beautify. Sementara kamera utama Redmi Note 3 juga dilengkapi dengan beberapa mode seperti Panorama, Fish Eye hingga mode Manual.

Inilah beberapa contoh hasil foto dengan Redmi Note 3.

Gambar dengan kamera belakang di tempat terang.

Gambar dengan kamera belakang di dalam ruangan dengan pencahayaan remang-remang.

Gambar dengan kamera depan.

Performa dan Baterai

Dengan layar 5,5 inci beresolusi Full-HD, Redmi Note 3 cukup nyaman untuk digunakan untuk menonton video. Selain itu, meski hanya memiliki RAM 2GB, tapi ia sudah cukup bertenaga untuk memainkan game seperti Asphalt 8: Airborne.

Saat diuji dengan 3DMark dan PCMark pun, Redmi Note 3 berhasil mendapatkan nilai yang memuaskan, jauh mengalahkan para pesaingnya. Anda dapat melihat grafik perbandingannya pada gambar di bawah ini.

Xiaomi Redmi Note 3

Satu hal yang menjadi kekurangan Redmi Note 3 adalah memori internalnya yang relatif kecil, yaitu 16GB. Memang, Xiaomi meluncurkan versi RAM 3GB/memori internal 32GB, tapi Redmi Note 3 versi ini tidak diluncurkan di Indonesia. Untungnya, Redmi Note 3 sudah mendukung OTG.

Satu hal lain yang menjadi kekurangan dari Redmi Note 3 adalah karena ia tidak kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Sebenarnya, smartphone dari Xiaomi ini bisa menggunakan jaringan 4G, hanya saja, pemerintah telah menetapkan aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) untuk smartphone 4G. Karena belum memenuhi peraturan ini, maka mau tidak mau, Xiaomi harus memasukkan Redmi Note 3 sebagai smartphone 3G.

Lucunya, Redmi Note 3 dijual bundling dengan salah satu operator Indonesia, yang sudah menawarkan layanan 4G.

Sementara itu, salah satu hal yang menjadi kelebihan dari Redmi Note 3 adalah baterainya yang bertahan lama. Dengan baterai 4.000 mAh, Redmi Note 3 dapat bertahan hingga 15 jam 42 menit, jauh lebih lama dari smartphone kebanyakan, yang biasanya hanya dapat bertahan selama 8-12 jam.

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, jika dibandingkan dengan smartphone buatan merek lain, Xiaomi Redmi Note 3 dapat bertahan jauh lebih lama.

Kesimpulan

Dengan Redmi Note 3, Xiaomi berhasil menawarkan smartphone dengan desain cantik untuksmartphone dengan harga Rp2 juta-an. Performa yang diberikan pun memuaskan. Sayangnya, karena Xiaomi tidak memenuhi peraturan TKDN dari pemerintah, pengguna Redmi Note 3 terpaksa harus puas dengan jaringan 3G. Bagi saya, di era serba 4G sekarang, hal ini merupakan salah satu kelemahan besar.

Inilah spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3.

Xiaomi Redmi Note 3
Prosesor Qualcomm Snapdragon 650 @ 1,4GHz octa-core
RAM 2GB
OS MIUI (Android 5.1.1 Lollipop)
GPU Adreno 510
Memori Internal 16GB
Kamera 13MP (belakang), 5MP (depan)
Dimensi 150 x 76 x 8,7 mm
Bobot 164 gram
Baterai 4.050 mAh
Layar 5,5 inci 1920 x 1080 pixel
Harga Rp2,6 juta

SUMBER: METROTVNEWS

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini