3 March 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Lima eCommerce Indonesia Wujudkan Bisnis yang Bersih

1 min read
Untuk mewujudkan Indonesia bebas barang bajakan dan palsu, para ecommerce yang menjual produk dengan harga lebih murah dari offline market menandatangani MoU

TeknoVue, Jakarta – Penjualan di Indonesia memang tidak lepas dari produk-produk palsu, bajakan, serta tidak resmi. Hal tersebut tentu saja dipicu oleh mahalnya harga produk asli atau ketersediaan barang yang tidak ditemukan secara resmi. Sayangnya kebanyakan produk bajakan yang ada di Indonesia adalah software.

Hari ini, atas dukungan Microsoft Indonesia, lima pelaku bisnis e-commerce di tanah air, Bhinneka.com, Blanja.com, Blibli.com, JD.ID, dan Lazada Indonesia menandatangani perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk melindungi konsumen dari non-genuine dan counterfeit software yang marak diperjualbelikan di situs e-commerce. Perjanjian kerjasama strategis ini terangkum dalam sebuah inisiatif Clean e-Commerce yang dapat menciptakan ekosistem bisnis online yang lebih aman dan memuaskan bagi konsumen.

Penandatanganan MoU tersebut diadakan pada restoran Nouvelle, Equity Tower SCBD pada tanggal 29 November 2016. Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), melalui penerbitan roadmap e-commerce, menekankan komitmen pemerintah untuk memajukan pasar e-commerceIndonesia yang diprediksi akan menghasilkan nilai transaksi sejumlah USD 130 milyar atau sekitar Rp 417 triliun pada tahun 2020.  Secara spesifik, pemerintah juga menekankan dua aspek penting pada roadmap e-commerce, yaitu perlindungan konsumen dan keamanan siber, agar konsumen dapat merasa terlindungi saat melakukan transaksi secara online.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini