17 April 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Review Notebook Lenovo Ideapad 310: Laptop AMD untuk Semua Kegiatan (Kecuali Game Baru)

5 min read
Sebuah notebook datang lagi dari Lenovo. Kali ini, menggunakan APU baru dari AMD dengan nama kode Bristol Ridge

Teknovue, Jakarta – Saat ini dalam memilih notebook memang sudah banyak pilihannya. Kebanyakan orang akan memilih notebook yang bisa digunakan untuk bekerja, menonton video, mendengarkan musik, serta melakukan kegiatan online. Sedikit-sedikit, tentu saja bermain game akan melepas penat yang ada di kepala. Dan kebanyakan notebook yang beredar di pasaran menggunakan prosesor Intel.

Jika Anda ingin berbeda dari kebanyakan notebook yang ada dipasaran atau seorang fanboy AMD, ada sebuah notebook yang bisa dijadikan alternatif untuk dibeli. Salah satunya berasal dari produsen asal Tiongkok, Lenovo, dengan Ideapad 310-nya. Ideapad 310 sendiri memiliki banyak spesifikasi, termasuk menggunakan platform Intel dan AMD. Notebook yang datang ke meja pengujian TeknoVue adalah Lenovo Ideapad 310-15ABR.

Dengan menggunakan APU dari AMD, tentu saja harga menjadi sebuah kunci penjualan, karena biasanya AMD akan menjualnya di bawah harga sang kompetitor. Notebook ini sendiri memiliki harga Rp. 7.999.000. Bagi sebagian orang, dana seperti ini memang cukup mahal, apalagi dengan dimensi yang tebal. Akan tetapi, kunci penjualan notebook ini bukanlah pada dimensinya, tetapi pada kinerja yang ditawarkan pada harga tersebut.

Lenovo Ideapad 310 15ABR ini sayangnya tidak cocok untuk digunakan bermain game-game terbaru saat ini. Akan tetapi, jika Anda ingin bermain DOTA 2, Pro Evolution Soccer, dan beberapa game-game lama, notebook ini masih bisa menjalankannya pada frame rate sekitar 30 fps. Sayangnya, pengujian game-game saat ini, walaupun di resolusi 800 x 600 membuahkan frame rate di bawah 30 25 FPS.

Lalu memang apa sih spesifikasinya?

Prosesor AMD Bristol Ridge APU A12-9700P (Quad Core) 2,5 GHz Turbo 3,4 GHz
Graphics R7 Graphics / R8 M435DX
RAM / HDD / ODD 8 GB / 1000 GB / DVD Writer
Layar / Resolusi 15,6” LED Backlit / 1360 x 768
Port ekspansi USB-2.0, USB 3.0, Audio 3,55mm port, HDMI
Baterai 2 cell 30 Whrs Polymer
Kamera VGA
Dimensi 378 x 259 x 22 mm
Bobot  2,17 kg

Dan seperti inilah hasil dari CPU-Z serta GPU-Z dari notebook ini.

Paket penjualan dari notebook ini juga hanya menyertakan sebuah charger saja. Bentuk chargernya sendiri cukup lebar namun tidak terlalu berat.

HALAMAN SELANJUTNYA >>

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini