Gunakan USB Tester

Cara yang satu ini sepertinya harus merogoh kocek Anda, tetapi merupakan cara yang paling mudah yang dapat dilakukan sendiri. Walaupun tidak lebih dari Rp. 300.000, tergantung penjual, Anda bisa mengukur kapasitas sebuah baterai powerbank dengan lebih akurat. Sayangnya, cara yang satu ini akan sangat menyita waktu Anda.

Untuk lebih nyaman, sediakan saja beberapa perangkat smartphone dan tablet. Hubungkan kabel dari powerbank ke USB Tester tersebut, lalu hubungkan kabel dari USB Tester ke perangkat. Di beberapa USB Tester yang baru, alatnya dapat melakukan pencatatan arus dari sumber ke perangkat yang ingin diisi. Jangan lupa untuk memulai dari angka 0.

Gunakan alat seperti ini untuk melakukan pengujian terhadap kapasitas powerbank

Lakukan pengujian sampai isi dari baterai yang ada pada powerbank benar-benar habis. Dan lihatlah berapa angka kapasitas yang tertera pada USB Battery Tester tersebut. Kurangi kapasitas yang dijanjikan sebesar 35%. Itulah kapasitas dari sebuah baterai powerbank. Jika kurang lebih sama, artinya powerbank memiliki kapasitas yang asli. Tidak sedikit powerbank yang berbeda sekitar 5000-7000 mAh dari kapasitas yang dijanjikan.

Jika sebuah powerbank memiliki kapasitas yang dijanjikan 10.000 mAh, maka kapasitas saat di konversi adalah 7500 mAh dengan perhitungan tegangan 5v. Oleh karenanya, saat kapasitasnya hanya 5.000 an saja, bisa dipastikan janji kapasitas tersebut palsu.

Sayangnya, tidak semua penjual mau menukarkan powerbank saat sudah terbukti produk mereka memiliki kapasitas yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Oleh karena itu, Denny mengatakan bahwa Delcell merupakan salah satu produsen powerbank yang memberikan garansi sampai dengan satu tahun. Beliau pun menantang para pengguna Delcell untuk membuktikan sendiri kapasitas powerbank dengan cara ketiga di atas.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini