25 February 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Grab Luncurkan GrabShare di Indonesia

2 min read
Grab meluncurkan layanan carpool komersial pertama dari Grab yang memungkinkan tarif menjadi lebih murah dari GrabCar

TeknoVue, Jakarta – Kebutuhan akan transportasi umum yang lebih terjangkau dan nyaman memang saat ini makin meningkat. Sebagai salah satu layanan pemesanan kendaraan dengan sistem online, Grab tentu saja menjadi pilihan dibandingkan dengan beberapa moda transportasi umum lainnya. Sayangnya, kemacetan di Jakarta pun bertambah akibat banyak transportasi umum berbasis mobil pribadi tidak dimaksimalkan. Oleh karena itu, Grab memperkenalkan solusinya pada tanggal 13 Maret 2017 bertempat di Ballroom hotel Ritz Carlton Mega Kuningan.

Solusi yang diperkenalkan Grab adalah GrabShare. Setelah sukses diperkenalkan di Singapura, Malaysia, dan Filipina sejak Desember 2016, GrabShare secara efektif telah menarik lebih banyak penumpang baru ke platform Grab. Dengan GrabShare, Grab berharap dapat mengoptimalkan penggunaan mobil guna mengatasi kemacetan di Indonesia, terutama Jakarta sebagai salah satu kota megapolitan.

GrabShare memasangkan maksimal dua pemesanan penumpang yang memiliki rute perjalanan searah dan hanya memperbolehkan maksimal empat penumpang dalam satu perjalanan. Sebelum sampai di tujuan, penumpang hanya akan menempuh paling banyak dua titik pemberhentian. Sebagai contoh, jika penumpang A memulai perjalanannya dan dipasangkan dengan penumpang B sesuai dengan rute yang paling efisien, maka penumpang A hanya akan berhenti dua kali untuk menjemput dan mengantarkan penumpang B. Tidak akan ada penumpang C pada skenario GrabShare.

Algoritma GrabShare dirancang di tiga pusat RnD Grab di Singapura, Seattle Amerika, dan Beijing Cina. Algoritma berperan dalam menghitung dan menentukan pencocokan dengan mempertimbangkan ketersediaan pengemudi yang berada dalam jarak terdekat, waktu perjalanan, rute perjalanan yang saling berkaitan, jarak perjalanan memutar, dan kondisi lalu lintas terkini sebelum mengurutkan lokasi penjemputan dan pengantaran. Jadi, dalam mencapai sebuah lokasi tujuan, akan dipilih rute yang sesingkat mungkin.

Keuntungannya pun akan dirasakan oleh penumpang dan pengemudi. Dari sisi penumpang, jumlah tarif yang dibayarkan akan lebih murah dibandingkan dengan tarif menggunakan satu pesanan GrabCar. Bagi pengemudi, GrabShare memaksimalkan potensi pendapatan dengan menekan waktu dan jarak yang ditempuh dalam satu perjalanan, sehingga memungkinkan mitra pengemudi untuk menerima lebih banyak pemesanan per jam dan meningkatkan pendapatannya sambil mengurangi konsumsi bahan bakar.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini