25 February 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Xiaomi Redmi Note 4 Gunakan Snapdragon 625! Mengapa?

2 min read
Smartphone Android Xiaomi Redmi Note 3 pakai Snapdragon 650, kok Xiaomi Redmi Note 4 malah turun ke Snapdragon 625? Ada apa ini?

TeknoVue, Jakarta – Pada akhirnya, Xiaomi secara resmi meluncurkan dua smartphone mereka yang sudah memenuhi standar Tingkat Kandungan Dalam Negeri. Redmi Note 4 dan Redmi 4X merupakan dua smartphone Android yang memiliki harga yang sangat menggiurkan. Dengan menggunakan chipset berprosesor 8 core, keduanya dijual tidak sampai 2,4 juta!

Ada satu hal yang cukup janggal pada Xiaomi Redmi Note 4. Versi Cina dari smartphone ini menggunakan chipset kencang Mediatek Helio X20 dengan 10 core, dimana dua diantaranya adalah prosesor kencang untuk perangkat mobile Cortex A72. Akan tetapi, versi globalnya menggunakan Snapdragon 625 yang menggunakan 8 core Cortex A53 saja. Cortex A53 sendiri oleh ARM ditujukan untuk menjadi prosesor hemat daya.

Sebelumnya, Xiaomi Redmi Note 3 menggunakan Snapdragon 650, yang merupakan chipset dengan 6 inti prosesor, yang dua diantaranya adalah Cortex A72. Hal ini membuat Redmi Note 3 memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan smartphone dengan SoC Snapdragon 801. Lalu apa alasan Xiaomi?

Director of Product Management and Marketing, Donovan Sung, mengatakan bahwa chipset Snapdragon 625 adalah chipset seri 600 terbaru dan merupakan sang penerus dari Snapdragon 650. Beliau bahkan meminta wartawan untuk bertanya kepada Qualcomm mengapa dinamakan seperti itu.

Donovan Sung

Well, menurut penelusuran TeknoVue, sepertinya Xiaomi menginginkan agar baterai dari Redmi Note 4 menjadi lebih panjang dibandingkan Redmi Note 3. Chipset Snapdragon 625 dan 435 merupakan chipset yang cukup baru yang diproduksi dengan proses pabrikasi 14nm, sedangkan seri Snapdragon 6xx masih pada 28nm. Selain membuat smartphone lebih adem, baterai juga diklaim bakal lebih panjang 25%. Walaupun begitu, sayangnya kinerja smartphone Xiaomi Redmi Note 4 bakal ada di bawah Redmi Note 3.

Redmi Note 3 vs 4: Suhu

Nah, oleh karena Redmi Note 3 secara resmi tidak mendukung jaringan 4G (walau mudah menemukan triknya), membuat Redmi Note 4 jauh lebih menarik. Apalagi, kamera pada Redmi Note 4 juga memiliki sensor yang lebih baik dari Redmi Note 3.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini