26 February 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Google Permudah Konsumen Saat Membeli Mobil

2 min read
Menggunakan fasilitas dari Google melalui sebuah smartphone dalam membeli sebuah mobil ternyata memperluas alternatif dalam memilih kendaraan mana yang mau dimiliki.

TeknoVue, Jakarta – Dengan berkembangnya teknologi, ternyata saat ini mesin pencari Google juga menjadi alat bantu dalam menentukan pembelian sebuah mobil. Hal ini diketahui dengan penelitian yang baru-baru ini dilakukan Google dalam mencari perilaku orang dalam membeli sebuah kendaraan. Google pun mengadakan sebuah diskusi bersama dengan perwakilan dari Toyota pada tanggal 11 Maret 2017, bertempat di Emerald Room hotel Fairmont Senayan.

Penelitian yang diadakan oleh Google menemukan beberapa poin penting. Ternyata perilaku para pembeli mobil di Indonesia:
● Menginginkan “mobil terbaik”. Pertanyaan yang paling penting bagi 98% pembeli mobil di Indonesia adalah “apa mobil terbaik?”.
● Ingin melihat mobil sedang beraksi. ​Menurut 83% pembeli mobil di Indonesia, video mengubah pendapat mereka tentang mobil atau produsen mobil secara positif.
● Ingin mendapatkan penawaran terbaik​. 93% pembeli mobil di Indonesia mencari tahu penawaran terbaik yang bisa mereka dapat. Mereka dihadapkan dengan berbagai macam informasi, namun jenis informasi yang paling persuasif adalah promo dari produsen mobil. 95% pembeli mobil di Indonesia berkata bawa mereka rajin mencari promo.
● Menggunakan perangkat seluler untuk menentukan tempat membeli. 52% pembeli mobil di Indonesia mencari dealer lewat internet, menandakan bahwa perangkat seluler tidak hanya memengaruhi mobil yang dipilih, namun juga tempat membelinya. Bahkan, 72% pelanggan yang membeli di dealer berkata bahwa mereka mencari informasi tentang mobil di internet sebelum memutuskan untuk membelinya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat seluler dan internet sudah begitu lekat dengan cara konsumen membeli mobil di Indonesia, dan sepertinya hal ini akan terus meningkat di masa mendatang. Konsumen menginginkan pengalaman yang mudah dan sederhana saat membeli mobil, semudah membeli barang lainnya. Bahkan 49% di antaranya berkata bahwa mereka tidak keberatan membeli mobil secara online, jika diberi pilihan semacam itu.

Penelitian ini dilakukan pada para calon pembeli mobil yang juga menggunakan internet. Terdapat sampel sebesar 508 pengguna. Survey yang diadakan oleh Google ini sendiri dilakukan pada tahun 2016 lalu.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini