17 April 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Review Hard Disk Seagate FireCuda 2TB: Solid State Hard Drive untuk Semua

4 min read
Hard Disk Solid State memang sedang diminati dengan alasan memiliki cache SSD untuk kinerja yang lebih tinggi serta ruang kapasitas hard disk yang lebih besar dan memiliki harga yang lebih murah dari SSD.

TeknoVue, Jakarta – Walaupun saat ini Solid State Drive sudah mulai turun harganya, hard disk ternyata masih diminati oleh para pengguna komputer. Alasannya tentu sederhana: Kapasitas simpan data yang lebih murah. Para pengguna komputer yang memiliki dana berlebih, tentu saja akan memilih full SSD untuk komputer mereka. Sedangkan mereka yang memiliki dana cukup akan memilih SSD sebagai drive sistem (untuk menjalankan sistem operasi) dan HDD sebagai data. Untuk yang pas-pasan, mereka akan mengambil hard disk saja sebagai drive sistem dan data.

Bagi pengguna yang ingin menggunakan hard disk untuk komputernya, dapat memilih SSHD atau Hybrid HD. SSHD merupakan sebuah hard disk yang memiliki SSD dengan kapasitas kecil untuk dipakai sebagai cache. Besaran NAND yang terpasang biasanya adalah 8 GB. Lalu bagaimana cara kerjanya?

Dalam sebuah komputer, tentu saja para penggunanya akan memakai software tertentu seperti game, browser, dan lain sebagainya secara terus menerus. Biasanya firmware pada hard disk akan menghitung software mana yang sering digunakan oleh sang brainware (atau disebut pengguna komputer). Setiap software yang sering digunakan akan disalin ke drive SSD tersebut agar dapat diakses lebih cepat untuk penggunaan berikutnya. Dan itulah fungsi SSD yang ada pada hard disk ini, sebagai cache dan bukan sebagai drive untuk sistem OS.

Berbicara mengenai SSHD, ternyata Seagate memiliki sebuah hybrid drive baru yang dinamakan Seagate FireCuda. Drive FireCuda memiliki Nand sebesar 8 GB untuk cache yang dipadu dengan teknologi OptiCache dari Segate. Teknologi ini diklaim oleh Seagate dapat meningkatkan performa hard disk ini sampai dengan 45%. Hal ini tentu saja sangat dipengaruhi oleh prosesor yang digunakan pada FireCuda tersebut.

TeknoVue mendapatkan drive dengan spesifikasi sebagai berikut

Kapasitas 2 TB
Cache DRAM 64 MB
NAND Cache 8 GB
Platter 2
Head 4
Kecepatan Spindle 7200 RPM
Bobot 535 gram
Dimensi 146,99 x 101,6 x 26,11 mm

Interface yang digunakan oleh hard disk ini masih menggunakan SATA 6 Gbps.

HALAMAN SELANJUTNYA: PENGUJIAN >>

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini