26 February 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Ransomware Ternyata Merambah ke Mobile

1 min read
Ransomware ternyata tidak hanya ada di PC saja. Pengguna tablet dan smartphone juga bisa terserang malware yang meminta sejumlah uang tersebut.

TeknoVue, Jakarta – Serangan ransomware yang meminta para pemilik komputer untuk melakukan transfer sejumlah uang memang saat ini sedang marak. Sebut saja WannaCry dan Petya yang menyerang banyak komputer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dan ternyata, ancaman ransomware saat ini sudah merambah ke perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Untuk itu, Kaspersky melakukan update kepada beberapa jurnalis pada tanggal 18 Juli 2017 bertempat di restoran Harum Manis, Sudirman.

Manager Kaspersky Lab Indonesia, Dony Koesmandarin, mengatakan bahwa terdapat 218.625 paket instalasi ransomware berjenis Trojan pada perangkat mobile. Dan ternyata Jerman merupakan negara tertinggi yang mendapatkan serangan ransomware berbasis mobile dengan 23 persen serangan. Selanjutnya, Kanada menjadi yang nomor dua dengan 20 persen dan selanjutnya adalah Inggris dan Amerika dengan persentase lebih dari 15%.

Dony Koesmandarin, Manager Kaspersky Lab Indonesia

Untuk terlepas dari serangan ransomware, pengguna pun disarankan untuk tidak melakukan instalasi aplikasi secara sembarangan. Kaspersky pun juga menganjurkan untuk melakukan backup secara rutin agar saat terkena serangan, pengguna bisa melakukan restore dari backup yang ada. Pak Dony juga mengatakan bahwa akan lebih baik saat ingin melakukan instalasi aplikasi di luar toko aplikasi resmi, gunakan sebuah smartphone lama yang memang sudah tidak terpakai lagi agar saat serangan terjadi, tidak akan mengganggu perangkat mobile utama.

Terakhir, sangat disarankan untuk sebuah smartphone melakukan instalasi anti virus. Walaupun begitu, tidak ada proteksi keamanan digital yang mampu melindungi perangkat dari serangan malware dan ransomware secara total. Akan tetapi, melakukan tindakan preventif memang jauh lebih baik dibandingkan tidak sama sekali.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini