3 March 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Review ASUS VivoPC K20CD: Desktop PC Rumahan untuk Kebutuhan Multimedia

6 min read
ASUS meluncurkan sebuah komputer yang dinamakan ASUS VIVO PC K20CD untuk para pengguna rumahan. Bagaimana dengan kinerjanya?

Kesimpulan

Dalam membeli sebuah desktop PC branded biasanya memang pemakaiannya hanya untuk melakukan pekerjaan saja. Tidak banyak memang desktop PC tower yang dapat ditaruh di sebelah monitor besar atau TV berukuran besar untuk dipakai selain bekerja. Akan tetapi, ASUS ternyata memiliki solusi atas permasalahan tersebut dengan mengeluarkan VivoPC K20CD yang memiliki bobot yang cukup ringan di kelasnya serta dimensi yang lebih ringkas.

Sebuah PC juga harus memiliki kinerja yang cukup baik. VivoPC K20CD menggunakan prosesor Intel i3-6100 yang sudah mumpuni dalam memproses semua pekerjaan yang ada. Walaupun begitu, jangan berharap PC ini dapat memainkan game-game terbaru dengan baik bahkan pada setting paling rendah sekalipun. Untuk hal tersebut pengguna harus menambahkan sebuah graphics card lagi. Selain itu, ada baiknya pengguna desktop ini untuk membeli sebuah keping RAM 4 GB lagi agar dapat berjalan pada mode Dual Channel sehingga kinerjanya dapat lebih optimal.

Yang cukup menarik adalah penggunaan power supply yang hanya 90 watt. Tentu saja hal ini akan membuat VivoPC K20CD menarik karena saat menonton video, mendengar musik, atau pun bekerja dengan menggunakan komputer tidak akan memakan banyak listrik. Akan tetapi, hal yang perlu diingat adalah saat ingin melakukan tambahan peripheral di dalam PC ini. Jika salah dalam berhitung, tentunya power supply yang ada tidak akan cukup untuk memberikan daya.

Sebuah PC branded sudah pasti memiliki harga yang lebih mahal dari PC rakitan. Dengan harga Rp. 6.099.000 untuk versi Free DOS dan Rp. 6.899.000 untuk versi Windows 10, memang tidak semua orang dapat memiliki PC yang satu ini. Namun, paket penjualannya sudah menyertakan monitor 18 inci. Akan tetapi, untuk memiliki sebuah PC yang ringan serta dimensi yang ringkas seperti ini memang cukup sulit untuk dirakit sendiri oleh orang awam, yang tentunya akan memakan tenaga dan mungkin biaya lagi. Oleh karena itu, sebenarnya harga jual dari VivoPC K20CD tidaklah terlalu mahal.

Kelebihan Kekurangan
Port melimpah depan belakang RAM hanya single channel
Bobot ringan DVD Writer, bukan Bluray
Hening USB-C tidak ada
Ringkas
Feature bawaan ASUS cukup banyak
Kinerja cukup baik
Daya hanya 90 watt

HALAMAN

1. Pembukaan

2. Desain

3. Pengujian

4. Kesimpulan

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini