3 March 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Mencengangkan! Prosesor A11 Bionic Ungguli Core-i5! (Bukan Clickbait!)

2 min read
Kinerja prosesor Apple sekarang sudah menyaingi prosesor Intel!

TeknoVue, JakartaApple baru saja meluncurkan tiga smartphone terbarunya dengan desain baru dan spesifikasi yang lebih baik dari sebelumnya. Dan seperti biasa, para arsitek Apple selalu saja mempecundangi para vendor prosesor berbasis ARM karena kecepatannya yang sampai saat ini masih sulit untuk dikalahkan. Bayangkan saja, dua core prosesor Apple baru bisa dikalahkan oleh konfigurasi empat sampai delapan core prosesor ARM. Walaupun begitu, Apple juga membuat prosesornya dengan basis arsitektur ARM.

Baru-baru ini, muncul sebuah hasil benchmark dari perangkat yang bernama iPhone 10,5 di website GeekBench. GeekBench sendiri selalu kami gunakan untuk mengukur kinerja sebuah prosesor dan hasil kinerjanya dapat disandingkan dengan platform lainnya. Oleh akun Twitter @KidPoolDead, dia menemukan hasil tersebut dan benar-benar mencengangkan. Hasil GeekBench menunjukkan bahwa prosesor terbaru dari Apple mampu mengalahkan sebuah prosesor Intel Core i5-7360U!

Prosesor Core i5-7360U sendiri digunakan pada notebook baru dari Apple, yaitu MacBook Pro 13 inch 2017. Prosesor ini sendiri memiliki dua core empat thread dengan kecepatan 2,3 GHz dan Turbo sampai 3,6 GHz. Tentunya, dengan kecepatan seperti ini, belum ada SoC yang dibuat untuk menjalankan perangkat Android, bahkan Samsung Galaxy S8 dan Qualcomm Snapdragon 835 sekali pun.

Oleh karena itu, mari kita lihat di masa yang akan datang, apakah para vendor prosesor seperti ARM dan Qualcomm akan mampu memiliki sebuah prosesor yang mampu mengejar kinerja dari Apple A11 Bionic? Hal ini juga sekaligus mengkonfirmasi bahwa Apple saat ini memiliki perangkat genggam dengan kinerja paling tinggi yang ada dipasaran. Dan apakah ini menandakan bahwa Apple akan segera mengganti prosesor untuk notebooknya dari Intel ke buatan mereka sendiri? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Sumber: TheNextWeb, GeekBench, @KidPoolDead

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini