20 April 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Tips: Cara Daftar Direct Carrier Billing pada Smartfren GSM+! CS Smartfren pun Nyerah!

3 min read
Pakai GSM+ dan ingin belanja di Play Store? Bahkan Customer Service Smartfren aja nyerah untuk masalah yang satu ini!

TeknoVue, Jakarta – Dalam memperkenalkan jaringan 4G terbarunya, Smartfren pernah meluncurkan program GSM+ (Gaya SemauMu). Program ini memperkenalkan jaringan LTE pada frekuensi 2300 MHz dan 850 MHz yang dapat digunakan di beberapa smartphone non Andromax. Dengan mendapatkan bonus 2 GB per pengisian, Smartfren mengunci kartu GSM+ berdasarkan IMEI smartphone sehingga bonus (dan juga kartunya) tidak akan dapat digunakan di smartphone lainnya.

Bagi yang smartphone-nya belum memiliki feature VoLTE bisa melakukan download aplikasi khusus dari Smartfren. Dan kartu GSM+ pun konon kabarnya tidak mendukung konektivitas CDMA x1/EvDO, sehingga smartphone yang mampu mengakses jaringan tersebut seperti Xiaomi juga tidak akan bisa tersambung ke jaringan tersebut.

Beberapa waktu setelah itu, Smartfren juga memperkenalkan Google Direct Carrier Billing. Layanan yang satu ini tentu akan membuat para pengguna dapat berbelanja aplikasi dengan membayar via pulsa. Hal yang sangat memudahkan ini memang akan ditarik biaya yang tidak terlalu besar, namun pengguna tidak lagi harus bingung saat tidak memiliki kartu kredit.

Permasalahan

Saat terbuai dengan kecepatan 4G dari telko yang satu ini, banyak konsumen yang ingin membeli aplikasi. Para gamer juga biasa membeli barang-barang virtual pada aplikasi permainan. Misalnya saja membeli voucher pada game Arena of Valor. Sayangnya, hal tersebut akan sulit dilakukan saat GSM+ sudah terkunci pada sebuah smartphone yang belum memiliki kemampuan VoLTE.

Pada saat melakukan registrasi Google Direct Carrier Billing (DCB), Play Store akan meminta para pemakai smartphone Android untuk mengirim sebuah SMS ke nomor 92468 berisikan kode tertentu. Kode ini berfungsi untuk mengaktifkan feature DCB. Namun sayangnya, hal tersebut tidak dapat dilakukan karena saat menggunakan 4G dari Smartfren pada smartphone yang secara native tidak mendukung VoLTE, SMS tidak dapat dikirimkan.

Jaringan 4G sendiri merupakan network yang hanya mengalirkan arus data saja. Hal ini berarti bahwa SMS dan Voice Call tidak dapat dilakukan tanpa hadirnya feature Voice Over LTE ini. Oleh karena itu, panggilan suara dan pengiriman SMS harus langsung melalui aplikasi Smart VoLTE. Dan aplikasi Smart VoLTE tidak dilengkapi dengan feature default app untuk pengiriman SMS. Hal ini akan memunculkan notifikasi error pada saat pendaftaran.

Solusi

Ternyata ada sebuah trik untuk mendaftarkan Google DCB pada smartphone yang menggunakan Smart VoLTE. Setidaknya trik ini berhasil dilakukan pada smartphone Xiaomi Mi5s. Kemungkinan besar hal ini dapat berlaku pada semua smartphone yang belum memiliki native VoLTE. Dan satu hal yang pasti, kartu Smartfren tidak harus digunakan pada slot pertama kok.

Saat ingin mendaftar Google DCB, buka aplikasi Google Play dan pilih akun mana yang mau digunakan. Setelah itu, lakukan pendaftaran seperti biasa dengan memilih menggunakan Smartfren sebagai billing. Nantinya, smartphone akan meminta untuk mengirimkan SMS ke nomor 92468 berisikan kode-kode tertentu. Nah disinilah trik yang dapat kita gunakan.

Saat pengiriman, Google Play Store akan gagal melakukan pengiriman SMS. Ya, gagal! Hal tersebut dikarenakan Play Store akan mengirimkan SMS via aplikasi default dan karena tidak native VoLTE, SMS gagal terkirim. Sampai disini, klik saja pilihan untuk mengirim kembali (retry).

Setelah itu, tekan tombol Home dan buka aplikasi pengirim SMS Anda. Carilah SMS yang tidak terkirim yang ditujukan ke nomor 92468. Setelah ketemu, copy dan kirim SMS melalui aplikasi Smart VoLTE ke nomor 92468. Setelah terkirim, kembali ke Google Play Store. Seharusnya saat ini Anda telah terdaftar ke Google DCM. Jika belum, lakukan sekali lagi langkah-langkah di atas.

Yang harus diingat adalah Play Store akan mengirimkan satu kode minimal hingga dua kali saja. Setelah dua kali, kode yang dikirim akan sama atau mungkin berbeda dengan yang sebelumnya. Jadi saat Anda melihat dua kode yang sama dalam aplikasi SMS, usahakan langkah di atas diulang dari awal. Dalam percobaan kami, SMS terkirim lebih dari dua kali, tetapi pada beberapa smartphone hanya dua kali saja.

Selamat berbelanja 🙂

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini