25 February 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Dell Technologies Luncurkan Strategi, Divisi, dan Solusi IoT Baru Percepat Penerapan oleh Pelanggan

6 min read
Produk, laboratorium, dan program kemitraan khusus IoT yang baru membantu para pelanggan mempercepat implementasi proyek-proyek IoT.

TeknoVue, Jakarta – Dell Technologies hari ini memperkenalkan visi dan strategi Internet of Things (IoT) perusahaan, sebuah divisi IoT baru, serta sejumlah produk, laboratorium, program kemitraan dan model-model konsumsi khusus IoT terbaru. Pengumuman ini menegaskan komitmen Dell Technologies untuk membantu para pelanggan merealisasikan masa depan digital mereka dengan membantu mereka menjelajahi lingkungan IoT yang kompleks dan sering kali terfragmentasi secara aman.

IoT, Sebuah Model Komputasi Terdistribusi Baru

Seiring semakin banyaknya pelanggan yang ingin mentransformasi bisnis mereka secara digital, sebuah model komputasi baru pun hadir. Selama 15 tahun terakhir, industri TI telah menyaksikan perkembangan Cloud Computing, sebuah model layanan TI yang sangat terpusat. Tapi di era dimana setiap jenis perangkat, mulai dari telepon, mobil, bola lampu, termostat hingga monitor denyut jantung, menyala dan berfungsi dengan pintar, muncul kebutuhan akan pemrosesan informasi yang terdistribusi dan real-time. Perangkat-perangkat ini tidak bisa hanya menunggu reaksi dari infrastruktur cloud terpusat yang mungkin terlambat hanya dalam ‘hitungan detik’.

“IoT telah mengubah cara kita hidup, cara perusahaan beroperasi dan cara dunia bekerja,” kata Michael Dell,Chairman dan Chief Executive Officer, Dell Technologies. “Dell Technologies membuka jalan para pelanggan kami dengan suatu arsitektur komputasi terdistribusi baru yang menyatukan IoT dan kecerdasan buatan dalam satu ekosistem yang saling bergantung mulai dari edge ke core hingga cloud. Dampaknya terhadap komunitas global kami akan sangat luar biasa.”

Para pelanggan menyatakan bahwa kebutuhan bagi suatu perusahaan akan solusi-solusi IoT lengkap yang dapat diterapkan di dalam perusahaan mereka terus meningkat. Pendekatan komprehensif terhadap IoT yang dihadirkan Dell Technologies didasarkan pada teknologi dan layanan terdepan di industri dan ekosistem kemitraan yang dirancang dengan seksama guna mewujudkan nilai sesungguhnya bagi para pelanggan saat ini dan membantu mempersiapkan mereka menghadapi masa depan.

David Webster, President, APJ Enterprise, Dell EMC, menambahkan: “Di wilayah Asia Pasifik dan Jepang, dengan jumlah populasi dan jumlah perangkat yang saling terhubung yang terus tumbuh dengan sangat cepat, kesempatan yang dihadirkan IoT bagi perusahaan-perusahaan besar sama signifikannya dengan tantangan yang akan dihadapi. Mendapatkan hasil terbaik dari kumpulan besar data yang dihasilkan oleh perangkat-perangkat berbasis IoT ini memerlukan infrastruktur TI modern yang aman mulai dari edge ke core hingga cloud. Dell Technologies membantu berbagai organisasi mengatasi hambatan-hambatan teknologi yang mereka hadapi dan memahami keseluruhan ekosistem IoT, untuk membantu mereka berinovasi dan menciptakan pengalaman pelanggan yang berbeda dari yang lain.”

Amit Midha, President, APJ Commercial, Dell EMC juga mengatakan: “Transformasi digital telah menjadi kebutuhan bagi perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik dan Jepang untuk dapat tetap bertahan saat ini, dan IoT terbukti menjadi faktor pembeda penting sebagai bagian dari transformasi ini. Tapi memperhatikan berbagai pasar dan industri di kawasan ini, jalan untuk merealisasikan manfaat penerapan IoT tidak selalu terlihat jelas. Bahkan langkah-langkah awal berbagai proyek IoT terhambat oleh kurangnya contoh kasus terbaik atau kompleksitas teknologi itu sendiri. Mulai dari menjadikan kota-kota kita lebih cerdas hingga memungkinkan praktik pertanian yang lebih berkelanjutan, Dell Technologies menghadirkan solusi, layanan dan ekosistem mitra IoT yang dibuat sesuai kebutuhan untuk membantu berbagai organisasi mengatasi berbagai hambatan tersebut dan mendorong perjalanan transformasi digital mereka.”

Divisi IoT Baru di Dell Technologies

Divisi IoT baru yang dibentuk perusahaan akan dipimpin oleh CTO VMware, Ray O’Farrell, dan bertanggung jawab untuk menata pengembangan berbagai produk dan layanan IoT di seluruh lini bisnis Dell Technologies. Divisi Solusi IoT ini akan menggabungkan teknologi-teknologi yang dikembangkan secara internal dengan beragam penawaran dari ekosistem Dell Technologies guna menghadirkan solusi lengkap bagi para pelanggan.

“Dell Technologies telah lama melihat peluang dari pesatnya perkembangan dunia IoT, merujuk pada pengalaman panjang perusahaan di pasar komputasi edge,” ungkap Ray O’Farrell, EVP & CTO VMware, dan General ManagerDivisi IoT Dell Technologies. “Divisi IoT baru ini akan memanfaatkan kekuatan dari seluruh lini bisnis Dell Technologies untuk memastikan kami menghadirkan solusi yang tepat – yang dikombinasikan dengan ekosistem mitra kami – untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan membantu mereka menerapkan sistem IoT terintegrasi dengan lebih mudah.”

Investasi Organik untuk Masa Depan IoT Dell Technologies – Produk, Laboratorium, Program Kemitraan

Dalam tiga tahun ke depan, Dell Technologies akan menginvestasikan 1 miliar dolar AS untuk pengembangan produk dan solusi, pendirian laboratorium, serta program kemitraan dan ekosistem IoT baru.

Saat ini, Dell Technologies telah menghadirkan Edge Gateways, yang dapat diamankan dan dikelola oleh VMware IoT Control Center. Server-server Seri-C PowerEdge Dell EMC juga telah disempurnakan untuk pelatihan dan pembelajaran mesin secara bertahap sebagai bagian dari core terdistribusi. Dell EMC Isilon dan Elastic Cloud Storage menyediakan penyimpanan file dan obyek untuk data dalam jumlah besar dan memungkinkan analitik melalui HDFS. Pivotal Cloud Foundry (PCF) dan Pivotal Container Service (PKS) menghadirkan platform yang ideal untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi analitik baru berbasis cloud. PCF Service dari Virtustream menyediakan Pivotal Cloud Foundry Service terkelola yang menyederhanakan penerapan dan pengoperasian beban kerja cloud mission-critical yang dirancang di Virtustream Enterprise Cloud, sedangkan Virtustream Storage Cloud tersedia untuk obyek-obyek penyimpanan cloud off-premise. Selain itu, Dell Boomi dengan cepat menghubungkan data-data yang relevan untuk meningkatkan kemampuan analitik berbasis cloud dan pembelajaran menyeluruh.

Inisiatif-inisiatif pengembangan produk baru meliputi:

  • ‘Project Nautilus’ Dell EMC: Software yang memungkinkan penyerapan dan penyelidikan aliran data darigateway IoT secara real time. Data kemudian dapat diarsipkan ke storage file atau obyek untuk keperluan analitik tingkat lanjut yang lebih detil;
  • ‘Project Fire’: sebuah platform hiperkonvergensi yang merupakan bagian dari solusi IoT IoT VMware Pulseyang mencakup penyederhanaan pengelolaan, komputasi lokal, storage dan aplikasi IoT seperti analitik real-time. ‘Project Fire’ memungkinkan perusahaan untuk menerapkan contoh-contoh kasus penggunaan IoT dengan lebih dan memiliki software infrastruktur yang konsisten mulai dari edge ke core hingga cloud;
  • RSA ‘Project IRIS’: Saat ini tengah dikembangkan di Laboratorium RSA, Iris dirancang untuk meningkatkan kemampuan Security Analytics dengan visibilitas ancaman dan memonitornya dari edge;
  • Teknologi-teknologi disruptif seperti akselerator prosesor akan meningkatkan kecepatan analitik lebih dekat keedge. Kolaborasi para pemimpin industri TI seperti VMware, Intel dan NVIDIA, serta investasi Dell Technologies Capital di Graphcore mencerminkan peluang-peluang yang ada untuk mengoptimalisasi server untuk kecerdasan buatan, pembelajaran mesin dan kinerja pembelajaran yang mendalam.

Para pelanggan juga dapat mengunjungi salah satu laboratorium IoT Dell Technologies yang baru.

Inisiatif layanan-layanan IoT yang baru meliputi:

  • Beragam layanan konsultasi termasuk konsultasi strategis untuk menetapkan tujuan, arah dan strategi bisnis, desain infrastruktur, serta layanan penerapan dan dukungan.
  • Implementasi ‘Worldwide Herd’, layanan konsultasi untuk melakukan analitik data yang tersebar di berbagai wilayah, layanan yang semakin dibutuhkan untuk memungkinkan pembelajaran lebih mendalam terhadap sekelompok data yang tidak dapat dipindahkan karena alasan besaran data, privasi dan kebijakan yang berlaku.

Selain itu, dengan fokus utama pada teknologi dan layanan, strategi Dell Technologies adalah untuk meningkatkan penawaran IoT melalui program dan ekosistem kemitraan yang kuat.

  • IoT Solutions Partner Program Dell yang telah memenangkan penghargaan adalah suatu program multi-tingkat yang dirancang dengan teliti, yang terdiri dari lebih dari 90 mitra dari perusahaan-perusahaan seperti Intel, Microsoft, dan SAP hingga start-up seperti Action Point, IMS Evolve, FogHorn dan Zingbox.
  • Program ini kini mendukung para mitra di semua lini bisnis Dell Technologies, yang memungkinkan kolaborasi dan implementasi blueprint yang lebih mudah.
  • Contoh ekosistem kemitraan yang sedang berjalan adalah pengumuman terbaru tentang kerja sama antara VMware dan SAP untuk menciptakan sebuah solusi terintegrasi untuk analitik IoT dan aplikasi-aplikasi vertikal. Solusi ini memanfaatkan VMware Pulse IoT Center, SAP Cloud Platform dan SAP Leonardo, dan dirancang untuk membantu para pelanggan menerapkan berbagai contoh kasus penggunaan IoT dengan lebih cepat dan disesuaikan dengan lebih mudah.

Dell Technologies melanjutkan komitmennya terhadap keterbukaan dan standardisasi IoT dengan berpartisipasi dalam berbagai gerakan seperti EdgeX Foundry, Industrial Internet Consortium (IIC) dan OpenFog Consortium. Bersumber dari source code Dell, EdgeX Foundry adalah sebuah proyek open source yang tidak merujuk pada satu vendor tertentu yang membangun kerangka kerja interoperabilitas bersama untuk memfasilitasi sebuah ekosistem untuk komputasi edge. Sejak diluncurkan pada bulan April 2017, anggota EdgeX Foundry telah berkembang hingga lebih dari 60 perusahaan. Baru-baru ini, proyek tersebut mengumumkan prestasi perdananya dengan peluncuran kode ‘Barcelona’, serta aliansi dengan IIC untuk bekerja sama melakukan testbed.

IoT menciptakan model pendapatan baru bagi para pelanggan, dan,berikutnya, pilihan pembiayaan baru. Dell Technologies menyediakan fleksibilitas pembayaran serupa cloud kepada para pelanggannya melalui model konsumsi fleksibel dari Dell Financial Services. Solusi pembayaran ini tersedia bagi seluruh lini bisnis Dell Technologies dan memungkinkan fleksibilitas akuisisi dan konsumsi teknologi bagi para pelanggan.

Investasi Masa Depan IoT melalui Dell Technologies Capital

Dell Technologies Capital, anak usaha Dell Technologies, bekerja sama erat dengan divisi IoT yang baru, dan menghadirkan wawasan dan hubungan industri untuk mendukung agenda strategisnya. Melalui investasinya di perusahaan-perusahaan startup dan para pendiri bisnis baru yang memiliki masa depan menjanjikan, Dell Technologies Capital menyediakan koneksi berharga ke ekosistem inovasi eksternal, yang secara efektif mempercepat pengembangan dan penerapan teknologi dan solusi IoT, kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin baru. Dell Technologies Capital akan menghadirkan beberapa dari perusahaan startup dan investasi yang dilakukan perusahaan dalam acara IQT di New York, mereka diantaranya:

  • Edico Genome, pencipta prosesor pertama di dunia yang dirancang untuk menganalisis data berurut generasi berikutnya
  • FogHorn Systems, pengembang software intelijen edge-device terkemuka untuk solusi-solusi IoT
  • Graphcore, pengembang prosesor yang dioptimalisasi untuk mempercepat solusi kecerdasan buatan generasi berikutnya
  • Moogsoft, pemimpin pasar dalam penerapan Artificial Intelligence pada IT Ops (AIOps)
  • Zingbox, pengembang solusi keamanan IoT yang menghadirkan Internet of Trusted Things

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini