25 February 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

XL Bangun Kabel Australia Singapura

1 min read
Tahun depan, internet XL bakal lebih kencang lagi

TeknoVue, Jakarta – Jalur internet ke Indonesia saat ini kebanyakan mengambil dari negara Singapura. Saat ini pula, Vocus Communication sedang menjalin kerjasama dengan Alcatel Submarine Network sedang menyambungkan kabel antara Australia dengan Singapura. Melewati Indonesia, XL pun ikut andil dalam proyek besar tersebut. Untuk itu, XL mengadakan pengumuman kerjasama pada tanggal 11 Desember 2017 bertempat di Ballroom Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta.

Dengan Anyer di wilayah Banten sebagai titik pendaratan (landing point), SKKL ini akan menyediakan alternatif akses internet dari Indonesia ke jaringan global melalui Australia. Hingga saat ini proses pembangunan jaringan sepanjang 4,600 km ini masih berjalan dan siap untuk beroperasi pada kuartal ketiga tahun 2018. Dengan kapasitas mencapai 30Tb untuk jalur Jakarta dan Singapore serta 20Tb antara Jakarta – Perth, berarti SKKL  ini mampu menyediakan kapasitas hingga 6x lipat dari total kapasitas jaringan internasional dari Indonesia yang ada saat ini.

Ketersediaan kapasitas/bandwidth yang sangat besar ini tentunya juga akan dapat dinikmati pelanggan XL Axiata, termasuk pelanggan korporasi dan penyedia jasa layanan internet di Indonesia. Selain itu, menurutnya, rute alternatif melalui Australia yang saat ini masih sangat terbatas,juga akan mengurangi ketergantungan terhadap Singapura yang hingga saat ini merupakan jalur utama untuk menyalurkan trafik dari Indonesia ke jaringan global dan rawan dengan gempa bumi. Dengan demikian, apabila jaringan internet yang melalui Singapura terjadi gangguan, maka akses Internet dari Indonesia menuju jaringan global tidak akan ikut terganggu karena tersedia pilihan untuk bisa dialihkan melalui jalur alternatif tersebut.

 

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini