Desain

Xiaomi Redmi 5A yang memiliki harga murah tersebut menggunakan casing belakang dengan bahan polikarbonat plastik dengan desain finishing metalik. Seperti biasa, dengan desain plastik membuat sebuah smartphone tidak licin saat digenggam. Begitu pula dengan Xiaomi Redmi 5A ini yang cukup nyaman dan kesat saat digenggam.

Pada bagian atas ditemukan lubang audio 3,5 mm, modul infra merah, dan microphone kedua

Smartphone Redmi 5A memiliki layar IPS 5 inci pada bagian depannya dengan resolusi 1280×720. Smartphone yang satu ini memang tidak menggunakan proteksi khusus pada layarnya. Selain itu, layar kacanya tidak memiliki desain lengkung 2.5D yang ada pada beberapa smartphone saat ini. Namun, dengan desain tersebut, pengguna yang membeli pelindung layar seperti tempered glass tidak perlu khawatir ada beberapa bagian yang tidak terlindung atau menempel.

Pada bagian kanan terdapat tombol volume dan tombol power

Untuk bagian belakangnya hanya terdapat sebuah kamera beserta flash-nya. Kameranya sendiri cukup menonjol, namun ternyata lensa yang ada sedikit masuk ke dalam, membuatnya tidak akan tergores saat ditaruh di meja. Selain itu, terdapat dua buah garis pada bagian atas dan bawahnya yang ternyata hanya sebagai hiasan saja dan bukan antenna. Di bagian bawahnya terdapat lubang speaker. Hal ini dapat menjadi kekurangan karena suara akan tertutup saat smartphone ditaruh pada sebuah bantal atau bahkan meja. Namun saat bermain game, bagian ini justru tidak tertutup jari.

Pada bagian kiri ditemukan slot nano SIM dan microSD

Antar muka yang digunakan pada smartphone Xiaomi Redmi 5A merupakan buatan dapur Xiaomi sendiri. Dengan nama MIUI dengan versi terbarunya, 9.2, Xiaomi menghilangkan App Drawer sehingga semua icon dan widget tergabung pada homescreen. Pada MIUI 9.2 juga sudah terdapat feature Dual Apps yang mampu membuat sebuah aplikasi dipakai dengan dua akun berbeda dan berjalan bersamaan. Selain itu, MIUI 9.2 juga memiliki Second Space, membuatnya seperti dua smartphone dalam satu perangkat.

Pada bagian bawah ditemukan slot microUSB dan microphone utama

Jaringan

Smartphone Xiaomi Redmi 5A memiliki kelengkapan yang sangat apik, terutama dalam jaringan 4G LTE. Smartphone ini telah mendukung jaringan LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 34(2000), 38(2600), 39(1900), 40(2300), dan 41(2500). Smartphone ini dengan mudah dapat mendeteksi operator Smartfren dan Bolt dengan baik. Dengan menggunakan LTE Cat 4, smartphone ini mendukung transfer data hingga 150 MB/s. Sayangnya, MIUI 9.2 belum mendukung VoLTE untuk Smartfren hingga saat ini.

Kamera

Xiaomi selalu berjanji bahwa hasil foto dari kamera smartphone-nya akan maksimal. Pada Xiaomi Redmi 5A, perusahaan asal Cina ini mempercayakan teknologi Samsung pada kamera bagian belakang dan depannya. Pada unit yang TeknoVue miliki, kamera utamanya menggunakan Samsung ISOCELL S5K3L8 dengan resolusi 13 MP. Sedangkan, pada bagian depannya, Xiaomi menggunakan Samsung ISOCELL S5K5E8 dengan resolusi 5 MP. Keduanya diproduksi oleh O-Film.

Untuk sebuah harga Rp. 999.000, ternyata Xiaomi Redmi 5A dapat memproduksi hasil yang baik. Dibandingkan dengan smartphone yang memiliki harga sama, mungkin Redmi 5A merupakan yang terbaik. Hasil kameranya pada saat kondisi terang menunjukkan minimnya noise yang terlihat. Sayangnya, dengan minimnya noise, membuat hasil gambarnya terlihat kurang terlalu tajam saat diperbesar 100%. Walaupun begitu, hasilnya masih bisa diandalkan. Namun, hasilnya juga menjadi lebih tidak tajam lagi saat dalam kondisi cahaya yang minim. Untuk hasilnya silahkan lihat di bawah ini. Pengguna Facebook silahkan klik disini.

Xiaomi_Redmi_5_A_-_Hasil_Kamera_UtamaXiaomi_Redmi_5_A_-_Hasil_Kamera_Utama_2Xiaomi_Redmi_5_A_-_Hasil_Kamera_Utama_3Xiaomi_Redmi_5_A_-_Hasil_Kamera_Utama_4Xiaomi_Redmi_5_A_-_Hasil_Kamera_Utama_5Xiaomi_Redmi_5_A_-_Hasil_Kamera_Utama_6

Untuk kamera depannya, gambar yang dihasilkan memang tidak tajam. Gambar yang dihasilkan sepertinya cukup washed out. Hal tersebut pun terjadi pada saat kondisi cahaya yang cukup. Saat kondisi cahaya yang kurang, kami cukup menyarankan untuk mendownload sebuah aplikasi screen flash agar dapat menolong kualitas gambar yang dihasilkan.

Xiaomi_Redmi_5_A_-_Hasil_Kamera_DepanXiaomi_Redmi_5_A_-_Hasil_Kamera_Depan_2Xiaomi_Redmi_5_A_-_Hasil_Kamera_Depan_3Xiaomi_Redmi_5_A_-_Hasil_Kamera_Depan_4Xiaomi_Redmi_5_A_-_Hasil_Kamera_Depan_5Xiaomi_Redmi_5_A_-_Hasil_Kamera_Depan_6

1. Pembukaan

2. Desain, Jaringan, Kamera

3. Benchmark dan Baterai

4. Kesimpulan

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini