25 February 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Review Hard Disk External Western Digital My Book 8 TB: Kencang dan Luas

4 min read
Sebuah hard disk eksternal berukuran besar kembali diperkenalkan oleh Western Digital! Seperti apa kinerjanya?

TeknoVue, Jakarta – Dalam memiliki sebuah komputer, entah itu desktop atau pun notebook, tentu saja penyimpanan data selalu menjadi bagian penting. Sebuah komputer tentu saja memiliki keterbatasan dalam menyimpan data. Apalagi, saat ini sebuah file video dapat mencapai puluhan gigabyte. Dengan menyimpan segala koleksi, tentu saja storage internal akan menjadi penuh. Dan setelah penuh, komputer akan semakin melambat.

Semua data berupa file musik, video, dan gambar hendaknya disimpan pada tempat yang berbeda dari penyimpan internal. Salah satu contohnya adalah dengan hard disk eksternal Western Digital My Book terbaru yang memiliki kapasitas 8 TB. Dengan kapasitas tersebut, tentu saja semua video berukuran besar akan dapat tersimpan dengan nyaman.

Western Digital My Book 8 TB datang dengan partisi exFAT. Kebanyakan HDD eksternal dari WD secara standar menggunakan file system NTFS untuk Windows dan HFS+ untuk Mac. Besar kemungkinan WD menggunakan exFAT agar hard disk ini dapat digunakan di semua sistem operasi, mulai dari Windows, Mac, dan juga Linux.

Western Digital My Book 8 TB memiliki spesifikasi sebagai berikut

Kapasitas 8 TB
Warna Hitam
Kecepatan Spindle 5400 RPM
Interface USB 3.0 / 2.0
Dimensi 170,6 x 139,3 x 49 mm

Sebuah hard disk eksternal memang tidak luput dari seberapa baik dalam melakukan transfer data. Oleh karenanya, hard disk eksternal ini sudah memiliki interface USB 3.0. Hard disk eksternal ini kami uji dengan menggunakan sebuah SSD Western Digital Blue 1 TB. Hal tersebut agar hard disk eksternal dapat teruji kinerja maksimalnya tanpa adanya bottleneck dari drive hard disk lainnya.

Lalu bagaimana dengan kinerja sesungguhnya? Sebelum itu, mari kita lihat paket penjualannya terlebih dahulu. Western Digital My Book 8 TB memiliki paket penjualan seperti di bawah ini

Di dalam paket penjualannya ditemukan perlengkapan seperti berikut ini

Charger
Kabel USB 3.0 Micro-B

Halaman:

1. Pembukaan

2. Desain dan Pengujian

3. Kesimpulan

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini