20 April 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Paten Desain “Notch” Dimiliki oleh OPPO Pertama Kali?

2 min read
Desain layar penuh dengan takik (notch) pada bagian atasnya ternyata sudah dimiliki oleh OPPO terlebih dahulu!

TeknoVue, Jakarta – Saat ini, dunia sedang mengagumi layar yang dimiliki oleh smartphone Apple iPhone X, karena memiliki layar penuh dengan lekukan hitam dibagian atas layar yang disebut “notch”. Dan saat ini, banyak sekali lontaran cemoohan dan para netizen karena beberapa smartphone mulai “meniru” desain iPhone dengan notch pada bagian atasnya. Kemungkinan besar, desain seperti ini bakal memenuhi pasar dari tahun 2018 sampai tahun depan.

Akan tetapi, apakah desain full screen dengan notch tersebut dicetus pertama kali oleh Apple? Sebuah dokumen menunjukkan bahwa OPPO sudah mendaftarkan desain layar full screen dengan notch dari tanggal 9 Januari 2017 lalu! Bahkan pada saat yang sama, OPPO juga mematenkan desain notch yang berbeda-beda, seperti berbentuk segitiga, setengah lingkaran, dan lain sebagainya.

Walaupun pendaftaran paten sudah dilakukan, tetapi OPPO tidak terburu-buru memproduksi smartphone dengan desain tersebut untuk dijual. OPPO berpendapat bahwa sebuah teknologi perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum diluncurkan. “Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum kita memutuskan apakah sebuah teknologi akan digunakan pada produk kami, termasuk kemungkinan untuk produksi masal, keandalan, dan biayanya. Banyak faktor yang membatasi untuk produksi masal, bahkan setelah kami mengidentifikasi kebutuhan dan menyadari teknologinya. “, ujar Alen Wu, Vice President OPPO.

OPPO pun memiliki paten untuk desain full screen dengan notch tiga bulan lebih awal dari Apple yang disetujui pada tanggal 29 September 2017. Menurut OPPO, hal ini membuat OPPO menjadi pemegang paten pertama untuk desain layar tersebut. Walaupun begitu, Apple memang lebih dulu meluncurkan iPhone X yang memiliki laya dengan desain tersebut.

OPPO juga bakal merilis smartphone dengan desain layar penuh yang memiliki notch dibagian atasnya dengan nama OPPO R15. Hal tersebut tidak berarti bahwa OPPO meniru desain smartphone lain karena memang sudah terdapat bukti paten yang sudah didaftarkan terlebih dahulu.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini