3 March 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Kaspersky: Tingkatkan Keamanan Bisnis Berbasis Cloud!

2 min read
Kurangnya perencanaan dan tanggung jawab oleh para pengadopsi layanan cloud terhadap keamanan data-data mereka, dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi organisasi, dimana korporasi bisa mengalami rata-rata dampak keuangan sebesar £ 900k sebagai akibat insiden keamanan yang terkait dengan cloud,

TeknoVue, Jakarta – Saat ini, hampir semua orang tidak dapat melepaskan diri dari Cloud. Semua smartphone yang digunakan saat ini berbasis iOS dan Android, selalu saja terintegrasi dengan Cloud yang disediakan oleh penyedia sistem operasi tersebut. Walaupun begitu, tidak ada yang aman, bahkan Cloud yang kita gunakan pada smartphone. Hal ini tentu sangat penting bagi para pebisnis yang selalu menaruh data-data penting di Cloud.

Pada pertemuan dengan wartawan tanggal 8 Maret 2018 bertempat di restoran Ninety Nine Grand Indonesia, Kaspersky pun membeberkan bahwa sebanyak 42 persen organisasi tidak merasa terlindungi dari insiden keamanan yang memengaruhi penyedia layanan cloud mereka. 24 persennya bahkan mengalami insiden keamanan IT.

Oleh karena itu, organisasi harus menemukan cara agar berbagai jenis layanan cloud ini tetap terkendali. Setiap jenis data perlu dilindungi dimana pun data-data tersebut berada. Untuk melakukannya, organisasi harus dapat melihat anomali dalam infrastruktur cloud mereka, dan itu hanya dapat dicapai melalui kombinasi teknik seperti pembelajaran mesin dan analisis perilaku.

Saat ini pun masih banyak pengguna cloud yang memilih layanan gratis daripada yang berbayar. Tentu saja, setiap layanan gratis memiliki resiko keamanan yang lebih besar dibandingkan dengan yang berbayar. Apalagi untuk para pelaku UMKM, tentunya layanan berbayar ini lebih aman untuk data-data penting.

Kaspersky juga menyarankan agar memilih cloud yang memiliki feature enkripsi. Selain itu, rajin-rajinlah mengubah password secara rutin, seperti tiga bulan sekali dan menggunakan karakter-karakter tertentu yang sulit ditebak oleh orang lain. Dan terakhir, jangan pernah malas untuk membaca “End USer Agreement” yang saat ini hampir semua orang malas untuk melakukannya agar mengerti resiko apa yang bisa diterima oleh pengguna Cloud.

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini