17 April 2024

TeknoVue

Just Another Review Site…..

Android P Bakal Update Vulkan 1.1

1 min read
Para developer game mobile bakal kegirangan! Pasalnya, Vulkan 1.1 akan ada pada Android P!

TeknoVue – Saat ini, pengguna Android Nougat memiliki satu dari begitu banyak keunggulan dibandingkan dengan Marshmallow: memiliki feature Vulkan. Vulkan sendiri digadang sebagai pengganti dari OpenGL yang selama ini digunakan oleh Android. Dengan menggunakan Vulkan Graphics API, para developer game dan aplikasi lainnya dapat memilih untuk menggunakan beban proses aplikasinya dari CPU ke graphics card.

Sampai saat Oreo, Vulkan API yang digunakan masih ada pada versi 1.0. Ternyata, Google sudah memasukkan dukungan untuk Vulkan 1.1 pada Android P yang rencananya bakal diluncurkan pada tahun ini. Hal tersebut terbukti dengan ditemukannya commits pada Android Open Source Project (AOSP). Nantinya, tentu saja Vulkan 1.1 akan ada pada versi stabil dari Android P.

Beberapa feature yang sangat ditunggu-tunggu adalah Subgroup Operations, extension integration, SPIR-V 1.3, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, feature tersebut mungkin bakal dirasakan oleh para developer game saja. Untuk pengguna perangkat Android, kemungkinan besar update Vulkan 1.1 tidak akan terasa sama sekali. Hal tersebut dikarenakan saat ini Vulkan 1.0 sudah dapat berjalan dengan baik dan sudah digunakan oleh beberapa game.

Para developer yang ingin mencoba menggunakan API Vulkan 1.1 harus bersabar terlebih dahulu. Pasalnya, Google belum mengeluarkan developer preview baru untuk Google Pixel dan Pixel 2 berbasis Android P. Tentunya, hal tersebut tidak akan lama lagi dikeluarkan Google karena Google I/O akan dimulai dalam beberapa bulan kedepan.

Sumber: XDA Developers

Tinggalkan Komentar Anda

Tulis komentar di sini